Posted by: retarigan | February 11, 2016

Apple: Keberhasilan dalam Inovasi Produk yang Simple


Apple Computer 00

Apple Computer 00

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Apple Computer 01

Apple Computer 01

Tentu banyak di antara kita yang mengenal produk Apple. Hampir di setiap peluncuran produknya, pembeli rela mengantri panjang hanya agar dapat menjadi salah satu orang pertama yang memiliki produk tersebut. Pendirinya, Steve Jobs adalah pemimpin legenda yang dipecat dari perusahaannya sendiri namun berhasil bangkit dan mampu mengembangkan Apple menjadi perusahaan yang disegani di seluruh pasar dunia. Akan menarik bila kita membahas apa yang dilakukan Steve Jobs pada saat ia kembali ke perusahaan dan melakukan berbagai perubahan yang hasilnya dapat kita lihat saat ini.

Apple Computer 02

Apple Computer 02

Masa ini dimulai setelah tahun 1995, dimana Microsoft mengeluarkan Windows 95. Apple tidak dapat memberi perlawanan yang kuat di industri sehingga perusahaan mulai masuk dalam spiral kematian perusahaan. Bahkan pada tanggal 5 Februari 1996, BusinessWeek memuat artikel utama yang membahas hal ini dengan judul “The Fall of an American icon”.

Apple Computer 03

Apple Computer 03

CEO saat itu, Gil Amelio melakukan berbagai macam cara untuk menyelamatkan perusahaan mulai dari merumahkan karyawan sampai dengan merestrukturisasi ulang produk-produk perusahaan menjadi empat kategori saja. Namun langkah itu belum dapat menyelamatkan perusahaan, banyak media dan pengamat memperkirakan bahwa perusahaan akan dijual kepada IBM, Motorola, Sony, atau Hewlett Packard.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: