Posted by: retarigan | February 12, 2016

Usaha Nissan dalam Rebranding Datsun


Datsun 01

Datsun 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Datsun 02

Datsun 02

Perusahaan otomotif ini mulai didirikan pada tahu 1918. Pada awalnya perusahaan ini dinamakan Datson singkatan “the son of Dat” namun juga merupakan akronim dari tiga pendiri penyokong dana perusahaan saat itu: Den, Aoyama, dan Takeuchi. Namun setelah beberapa lama, nama ini dirubah menjadi Datsun karena perusahaan mengkhawatirkan nama Datson memiliki arti lain dalam bahasa Jepang yaitu “kehilangan uang”. Produksi sempat terhambat saat perang dunia kedua.

Datsun 03

Datsun 03

Ketika perusahaan kembali memproduksi mobil setelah Perang Dunia II dengan nama Nissan. Namun saat memasuki pasar Amerika, perusahaan justru memakai nama Datsun dengan alasan meminimalisasi hubungan dengan Jepang. Pada tahun 1981, nama Datsun hanya digunakan perusahaan di pasar Amerika. Untuk wilayah penjualan distribusi dan penjualan di negara lain, perusahaan memakai nama Nissan. Efeknya setelah diriset, tingkat awareness Nissan hanya sebesar 2 persen, dibandingkan Datsun yang sebesar 85 persen.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: