Posted by: retarigan | February 13, 2016

Keberhasilan Dove dalam Membangun Asosiasi Merk yang Kuat


Dove 01

Dove 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Dove 02

Dove 02

Kita sering melihat iklan Dove bukan, banyak di antara iklan tersebut yang memuat testimonial dari para pemakainya. Ternyata hal ini telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu. Mungkin ada baiknya bila kita sedikit mengetahui perjalanan merk ini dari awal berdiri.

Dove ditemukan pada masa pasca Perang Dunia II oleh Lever Brothers. Produk ini sendiri ternyata agak berbeda dengan sabun karena mengandung mokelur dengan kadar ph netral, tidak mengiritasi elemen alkaline pada kulit namun dilengkali dengan zat pembersih. Saat digunakan, produk akan memberikan rasa yang berbeda pada kulit ketika digunakan secara teratur.

Dove 03

Dove 03

Dove diperkenalkan secara nasional pada tahun 1957. Produk ini di-positioning-kan sebagai pembersih kecantikan (tapi bukan sabun) dengan seperempat dari produk krim pembersih ketika proses pencucian. Krim inilah yang ditonjolkan perusahaan dalam asosiasi produknya, dan sejak tahun 1957 sampai saat ini asosiasi dan positioning ini tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Dove 04

Dove 04

Dalam media promosi, mulai tahun 1969 perusahaan memakai testimoni tatap muka dari para pengguna, pada tahun 1979 mulai diberlakukan tes selama tujuh hari yang memperlihatkan efek penggunaan Dove secara berkelanjutan. Cara ini digunakan untuk meningkatkan efektivitas pada hasil promosi yang diharapkan. Mulai pada tahun 1979, perusahaan juga mengganti istilah “krim pembersih” menjadi “moisturizer cream”.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: