Posted by: retarigan | February 14, 2016

Keberhasilan Yamaha Memutar Siklus Produk


Yamaha 01Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Yamaha 02

Yamaha 02

Yamaha Piano adalah contoh keberhasilan praktik membangkitkan kembali produk yan telah mengalami penurunan pasar. Pada sekitar tahun 1980-an, Yamaha telah berhasil menguasai 40 persen pangsa pasar piano secara global. Namun sayangnya pasar ini mengalami terus penurunan sebanyak 10 persen setiap tahunnya dan ditambah lagi produsen perusahaan Korea yang berbiaya rendah masuk ke pasar. Situasi yang cukup sulit dihadapi perusahaan pada waktu itu dimana secara industri mengalami masa suram sementara kompetitor justru masuk dan bermain dalam pasar yang sama.

Yamaha 03

Yamaha 03

Yamaha berusaha membangkitkan pasar melalui pengembangan produknya bernama Yamaha Disklavier. Produk ini mulai diluncurkan pada Januari 1988 dengan fungsi yang menyerupai Yamaha Piano namun dilengkapi dengan sistem kontrol elektronis. Sistem ini didasarkan kombinasi dari teknologi digital dan elektronik. Produk juga dapat merekam lagu yang dimainkan dengan perangkat tersebut dengan persis. Lebih jauh lagi, produk ini dapat melakukan beberapa kostumisasi seperti pengaturan tempo, penggantian kunci nada yang digunakan, dan penggantian beberapa suara.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: