Posted by: retarigan | February 16, 2016

Acer: Usaha Mengangkat Reputasi Taiwan


Acer Logo

Acer Logo

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Acer Laptop

Acer Laptop

Kesulitan Acer pada masa awal pendirian mungkin dialami banyak produsen dari negara-negara berkembang. Stan Shih, menghadapi image buruk produk negara Taiwan pada masa itu yang banyak dipersepsikan sebagai produk murah dengan kualitas buruk. Ia mendirikan perusahaan pada tahun 1976 dengan modal awal 25.000 dollar. Ia langsung menghadapi permasalahan kredibilitas produk. Menghadapi tantangan dengan anggapan produk inferior, Stan berusaha keras membangun reputasi perusahaan sebagai produsen yang memiliki kualitas baik.

Acer Laptop

Acer Laptop

Persepsi akan produk kualitas rendah ini membuat Acer kesulitan untuk menembus pasar internasional. Untuk mengatasinya, perusahaan berusaha mendapatkan sertifikasi ISO 9000 dan memenangkan berbagi penghargaan untuk kualitas dan desain. Kendala lain adalah letak geografis dari pabrik. Produk Acer banyak dirakit di kawasan Asia sementara perusahaan berusaha menembus pasar Eropa dan Amerika. Hal ini tentu akan mempengaruhi distribusi produk yang memakan waktu lebih lama dibanding kompetitor yang berlokasi di sekitar negara-negara tersebut. Saat itu perusahaan tidak memiliki pengalaman mengelola bisnis di negara lain ditambah lagi perusahaan belum memiliki karyawan dengan pengalaman internasional.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: