Posted by: retarigan | February 21, 2016

Sentuhan Mitsubishi pada Eclipse


Mitsubishi Eclipse 01

Mitsubishi Eclipse 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Mitsubishi Eclipse 02

Mitsubishi Eclipse 02

Sekitar tahun 1990-an, Chrysler dengan Mitsubishi berpartisipasi pada usaha joint venture dan memproduksi mobil sports yang sejenis. Situasi saat itu, Chrysler Pymouth sebesar 10 persen dan Mitsubishi sebesar 1.5 persen. Kedua perusahaan ini juga memberlakukan kisaran harga yang sama yaitu 11.000 dollar untuk model basic dan 17.500 dollar untuk model versi lengkapnya. Kedua model mobil ini juga sama-sama menargetkan jenis konsumen yang sama yaitu berusia antara 25-35 tahun dan juga sedikit di pasar konsumen wanita. Untuk produknya, Chrysler menggunakan nama Laser sedangkan Mitsubishi dinamakan Eclipse.

Mitsubishi Eclipse 03

Mitsubishi Eclipse 03

Pada mulanya Mitsubishi berpromosi secara tradisional dengan menyebarkan brosur-brosur dan iklan dengan memakan slogan “the one to own.” Namun mereka segera menyadari bahwa target konsumen mereka banyak menghabiskan waktu di klub kebugaran. Kemudian Mitsubishi mengadakan kontes dan memberikan satu unit produk secara gratis pada instruktur aerobic yang telah melakukan test driver. Sedangkan Chrysler sendiri memiliki banyak model dan menggunakan media iklan yang kurang intens untuk Laser. Terlebih lagi setelah diteliti ikan-iklan ini ternyata tidak efektif menjangkau calon konsumen wanita. Iklannya menekankan kekuatan dan kecepatan kendaraaan. Hasil dari kedua program promosi perusahaan ini. Dealer Mitsubishi yang berjumlah 500 dealer berhasil menjual 50.000 unit kendaraan (rata-rata 100 mobil per dealer) dibandingkan 3.000 dealer Chrysler hanya berhasil menjual 30.000 unit (rata-rata 13 dealer per dealer).

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: