Posted by: retarigan | February 24, 2016

Industri Penerbangan Menunjukan Arti Kerja Sama


KLM Business Class 02

KLM Business Class 02

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

KLM Business Class 01

KLM Business Class 01

Mulai pada tanggal 1 Januari 1997, berbagai maskapai penerbangan yang berbasis di Eropa akan dapat melakukan penerbangan ke lebih banyak negara dan dapat menawarkan harga tiket yang lebih murah. Deregulasi kebijakan di kawasan mengakibatkan perubahan pada banyak perusahaan penerbangan seperti Lufthansa, British Airways, Alitalia, dan KLM. Pada masa ini terdapat privatisasi yang terjadi secara besar-besaran yang menggeser kepemilikan pemerintah atas perusahaan ke tangan swasta. Hal ini juga mengakibatkan munculnya berbagai aliansi strategis di antara perusahaan besar. Sebagai contohnya: Lufthansa, dengan United, British Air dan USAir, dan Swissair dengan Delta, dan juga Singapore Air.

Northwest Airline 01

Northwest Airline 01

Di antara semuanya, strategis aliansi antar KLM Royal Dutch Airlines dan Northwest adalah salah satu bentuk kerja sama yang paling berhasil. Aliansi ini dimulai saat KLM membeli 20 persen saham Northwest pada tahun 1989. Pada masa itu, kombinasi antara kedua perusahaan menghasilkan pendapatan yang besar dan menjadi perusahaan ketiga terbesar di dunia. Meskipun hanya berukuran setengah dari British Airways dan Lufthansa, KLM menjadi maskapai dengan tingkat pertumbuhan tercepat di Eropa. Terlebih lagi pada saat itu, KLM berhasil melakukan penghematan tanpa melakukan penyusutan pegawai dengan cara meningkatkan jumlah penumpang dalam penerbangan.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: