Posted by: retarigan | February 25, 2016

Phillips: Arti Penting Marketing dalam Peluncuran Produk Baru


Philips 01

Philips 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Philips 02

Philips 02

Pada awal tahun 1990-an, Phillips mengembangkan dua produk yang memiliki potensi keberhasilan yang besar. Pertama adalah peluncuran Compact Disc Interactive atau CD-i. Alat ini menyerupai CD player lainnya saat itu namun memiliki kemampuan untuk disambungkan dengan peralatan televisi. Dampaknya, produk ini dapat memuat video games, film, software pendidikan, dan hiburan dalam format baru. Selain itu Phillips juga berhasil mengembangkan DCC atau disebut juga dengan Digital Compact Cassette (DCC) untuk pasar audio penggunaan di rumah. Phillips memiliki keyakinan bahwa produk ini akan laku keras di pasaran karena dapat menyediakan output suara yang lebih jernih dan jelas. Selain itu produk ini juga dapat melakukan perekaman dan dimainkan kembali.

Philips 03

Philips 03

Dalam pengembangan produk, perusahaan membuat tim khusus untuk merancang segi fungsional produk. Dari penelitian awal, pada masa itu konsumen banyak melakukan pembelian terhadap mesin yang dapat memainkan kaset analog. Hal ini berlaku pada perangkat lunak dan juga pada mobil. Saat itu jumlahnya diperkirakan sekitar 200 juta unit sementara konsumen juga melakukan pembelian kaset yang memiliki kemampuan merekam sebanyak ratusan juta unit per tahunnya. Dengan pengetahuan ini, perusahaan merancang DCC sehingga selain dapat merekam dan memainkan ulang, produk juga dapat memainkan kaset konvensional. Potensi dari pasar ini sendiri sangat besar.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: