Posted by: retarigan | February 27, 2016

Marlboro: Keberhasilan Langkah Strategis Menarget Pasar


Marlboro 01

Marlboro 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Marlboro 02

Marlboro 02

Rokok memang sering dianggap sebagai produk yang memiliki persepsi negatif karena potensi efek samping yang cukup berbahaya. Tapi menarik bila kita mengesampingkan hal ini terlebih dahulu dan memperhatikan langkah pemasaran apa yang telah dilakukan perusahaan beberapa tahun yang lalu. Ada beberapa langkah strategis yang dilakukan perusahaan, mulai dari repositioning, rebranding, dan perubahan target konsumen.

Marlboro 03

Marlboro 03

Perusahaan berawal dari tahun 1847 dimana Philip Morris mendirikan toko penjual tembakau di London’s Old Bond Street. Langkah ini dilakukan sangat tepat karena pada saat itu banyak anak muda Inggris yang baru kembali dari perang dan membawa rokok buatan Turki. Merokok berkembang menjadi kebiasaan dan bagian dari gaya hidup pada masa itu. Dalam beberapa tahun, perusahaan mengembangkan merknya sendiri dan berhasil mengembangkan perusahaan.

Marlboro 04

Marlboro 04

Setelah pendiri meninggal pada tahun 1873, perusahaan berhasil melanjutkan bisnisnya dengan baik dan mengalami perpindahan kepemilikan. Merk perusahaan semakin terkenal setelah pada tahun 1901, Philip Morris ditunjuk sebagai penyedia tembakau pada Raja Edward VII.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: