Posted by: retarigan | March 5, 2016

Riset Pasar, Mata-mata Barclays


Barclays 01

Barclays 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Barclays 02

Barclays 02

Barclays adalah salah satu bank yang beroperasi secara global. Bank ini menyediakan layanan produk yang cukup lebar dan melayani lebih dari 50 negara. Barclays memberikan pelayanan baik pada konsumen individu dan juga bisnis. Tipe konsumen yang berbeda akan dilayani secara berbeda. Pada personal banking, persaingan terjadi cukup sengit dimana banyak bank yang berusaha menyediakan layanan terbaik dengan harapan mendapat konsumen yang loyal dan menggunakan banyak produk layanan perbankan.

Barclays juga mempergunakan riset pasar untuk mengembangkan produk layanannya. Setidaknya terdapat tujuh titik yang diperhatikan pada riset. Riset berusaha mencari informasi:

  • Identifikasi konsumen
  • Kebutuhan Konsumen
  • Penawaran terbaik untuk pelayanan konsumen
  • Penyampaian produk
  • Implementasi penyampaian produk
  • Penyesuaian Manajemen
  • Evaluasi
Barclays 03

Barclays 03

Tujuan dari riset ini adalah berusaha mendapatkan data dari konsumen dan potensi konsumen. Informasi ini juga membantu pengambilan keputusan bisnis. Di Barclays, riset juga dilakukan agar meminimalisasi risiko bisnis. Hal ini dilakukan Barclays saat perusahaan berusaha masuk pada pasar yang baru, dalam kasus ini pasar pelajar.  Dimana Barclays mendapatkan insight mengenai mahasiswa di Inggris sebagai berikut:

  • Dalam studinya, mahasiswa banyak mengandalkan berbagai varian kredit;
  • Mahasiswa cenderung ingin memiliki perangkat gadget yang sesuai dengan perkembangan teknologi terkini;
  • Sebagian mahasiswa memiliki rekening yang berbeda untuk tujuan yang berbeda;
  • Banyak mahasiswa yang tidak terbujuk oleh hadiah pembelian. Mereka lebih tertarik bila dikomunikasikan bahwa produk tambahan sudah termasuk dalam paket produk utama.
Barclays 04

Barclays 04

Dengan mengetahui hal ini, Barclays dapat mengenal target pasarnya dengan lebih baik sehingga berpeluang untuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan target. Berdasarkan pengetahuan ini, pada tahun 2009 Barclays menyediakan produk yang cukup menarik seperti tidak ada iuran administrasi bulanan, bunga mulai diberlakukan setelah pinjaman telah melebihi 2.000 pounsterling (sebelumnya 500 poundsterling), dan pengadaan fasilitas mobile banking dilengkapi jaringan ke cabang lokal untuk mengakses rekening.

Barclays 05

Barclays 05

Pada masa awal, Barclays memilki target untuk meningkatkan jumlah pemegang rekening sebanyak 25 persen. Pada tahap evaluasi pertama, target ini terlampaui yang ditandai peningkatan sebanyak 34 persen. Di industri Barclays berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di kalangan pelajar dan mengalami kenaikan posisi dalam pasar dari yang tadinya urutan ketiga menjadi urutan kedua.

Artikel ini diadaptasi dari The Times 100: Business Case Studies

Sumber: http://the-marketeers.com/archives/83-riset-pasar-matamata-barclays.html

–o0o–


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: