Posted by: retarigan | March 9, 2016

Cara Tanri Abeng Membenahi Multi Bintang


Multi Bintang 01

Multi Bintang 01

Menjual bir di negara dengan penduduk muslim tentu memberikan tantangan tersendiri. Di satu pihak memang terdapat permintaan dari masyarakat dan cenderung bertambah dari tahun ke tahun yang disebakan jug karena gaya hidup yang terus mengalami perkembangan. Di sisi lain industri ini secara konstan terus menghadapi penentangan dari masyarakat yang religious. Meskipun demikian Bir Bintang mampu bertahan selama puluhan tahun dan mengalami perkembangan yang cukup baik di pasar Indonesia.

Multi Bintang 02

Multi Bintang 02

Perusahaan ini didirikan pada tahun 1929 dan diakuisisi perusahaan Belanda, Heineken pada tahun 1937. Multi Bintang telah banyak mengalami berbagai peristiwa dan permasalahan yang datang dari dalam maupun luar perusahaan. Perusahaan ini telah bertahan dari goncangan ekonomi, penurunan daya beli masyarakat, revolusi, pergantian pemerintahan, masa perang, dan banyak lainnya. Mungkin Multi Bintang adalah salah satu dari sedikit perusahaan yang pernah mengalami begitu banyak kejadian yang dapat mengancam kelangsungan hidup bisnisnya.

Multi Bintang 03

Multi Bintang 03

Mungkin kita dapat menyoroti salah satunya saat Tanri Abeng menangani perusahaan ini. Pada antara tahun 1976 sampai dengan 1978, market share perusahaan turun drastis dari sekitar 57 persen sampai dengan 49 persen. Perusahaan mengalami kerugian dan permasalahan juga muncul dari dalam organisasi. Sebagian besar keputusan strategis dilakukan oleh karyawan ekspatriat dan mereka bersikap eksklusif terhadap karyawan lokal. Hal ini menimbulkan kecemburuan karyawan lokal dan akhirnya mempengaruhi kinerja perusahaan. Kenyataan inilah yang membuat perusahaan menunjuk Tanri Abeng sebagai pimpinan perusahaan. Tugas pertama yang diserahkan adalah mengurangi pengeluaran berlebih. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan meningkatkan efisiensi dalam hal transportasi. Saat itu Tanri membuang semua komponen biaya tidak penting seperti memberikan tunjangan transportasi bagi para petinggi dan hanya memberikan kendaraan pada tenaga penjualan.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: