Posted by: retarigan | March 12, 2016

Nike yang Menggabungkan Dunia Fashion, Olahraga, dan Gaya Hidup


Nike 01

Nike 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan  100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Nike 02

Nike 02

Pada marketing stories beberapa waktu yang lalu, fokus cerita pada saat Nike membangun brand-nya pada era 1970 sampai dengan 1980-an. Kini menarik bila kita memperhatikan langkah yang diambil Nike pada masa 1990-an. Pada saat itu Nike memperkenalkan citra perusahaan yang memiliki sikap dan kepribadian. Pada masa ini Nike membantu kalangan pemasaran dengan mengenalkan bahwa perusahaan juga mungkin saja memiliki “attitude”.

Nike 03

Nike 03

Pada saat itu Nike berusaha menargetkan konsumen generasi X (kebanyakan dari mereka akan berumur hampir 20 tahun pada tahun 1990). Karakter generasi ini cenderung lebih pemberontak dan lebih berani bersikap pada orang tuanya. Setiap generasi biasanya mencari sesuatu yang dapat dijadikaan identitas atau ciri generasinya seperti gaya rambut, potongan pakaian, dan berbagai aksesoris. Nike berusaha menjadi simbol dan mempromosikan produknya agar dapat dipakai oleh generasi muda saat itu.

Nike 04

Nike 04

Nike mengkomunikasikan produknya dengan cara yang tidak biasa. Sepatu lari menjadi simbol pemberontakan dan individualitas. Nike mencoba menciptakan citra tersebut dan dengan harga premium. Melalui endorsement Michael Jordan, Nike berusaha untuk menghubungkan antara olahraga, fashion, dan gaya hidup. Melalui iklan televisinya, Nike pun berusaha menyediakan image Nike yang jelas, identitas menarik namun tetap menunjukan unsur olahraganya.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: