Posted by: retarigan | March 13, 2016

Pemasaran Produk Epson Lewat Dunia Golf


Epson 01

Epson 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Epson 02

Epson 02

Kasus ini terjadi sekitar pertengahan sampai akhir 1980-an. Epson adalah merek sangat terkenal di dunia printer terutama melalui produknya printer dot matrix. Epson menjadi market leader selama bertahun-tahun dan telah membuktikan kualitasnya menjadi yang terbaik di kelasnya. Namun hal ini tidak menghentikan ambisi Epson dalam melakukan pengembangan usaha. Pada tahun 1987, perusahaan berusaha untuk melakukan ekpansi pada kategori produk baru yaitu komputer personal. Mereka meyakini bahwa mereka dapat memanfaatkan brand image-nya dalam merambah produk pasar yang baru. Agar dapat berhasil tentu Epson harus dapat melakukan program pemasaran yang dapat memberikan hasil terbaik.

Epson 03

Epson 03

Epson membuat perancangan tujuan yang hendak dicapai yaitu berusaha membangun brand awareness antara konsumen dan konsumen perusahaan, membuat image Epson sebagai produsen komputer yang profesional, dan membuat produk berkualitas baik. Sebagai sarana untuk membangun citra dan awareness, Epson mendekati para olahragawan elit khususnya pegolf. Epson memilih olahraga golf dengan beberapa alasan seperti: adanya kecocokan demografi dimana sebagian penggemar golf adalah konsumen dari Epson, selain itu aktivitas bermain golf seringkali dapat dimanfaatkan untuk menemui pebisnis di luar kantor, dan even golf pun sering diselenggarakan dengan sangat memanjakan para pesertanya sehingga hal ini dapat merepresentasikan tingkat pelayanan yang dimiliki perusahaan.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: