Posted by: retarigan | March 15, 2016

Guinness yang Merangkul Komunitas Sepanjang Hidupnya


Guinness 01

Guinness 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Guinness 02

Guinness 02

Guinness telah beroperasi lebih dari 253 tahun di industri minuman bir. Bir ini telah berhasil  mengembangkan merek yang menarik bagi konsumen, pegawai-pegawai, dan komunitas. Bagaimana Guinness melakukan penyegaran agar stakeholder terkait tidak jenuh dengan merek perusahaan?

Secara berulang kali, Guinness berhasil melakukan regenerasi pada konsumen-konsumen dari berbagai zaman. Mereka telah beberapa kali menghadapi kalangan muda yang skeptis dan takut dianggap sebagai orang yang “ketinggalan zaman”. Hal ini dihadapi

Guinness 03

Guinness 03

perusahaan ketika membangun Guiness Storehouse di akhir tahun 2000. Di lokasi ini, perusahaan menjelaskan proses produksi dan sejarah perjalanan perusahaan. Selain itu di lokasi ini Guiness memiliki ruang pertemuan, pusat pelatihan untuk karyawan, galeri seni, restauran, kafe, bar, dan lainnya. Tempat ini juga menjadi salah satu tempat wisata yang dapat menarik wisatawan mancanegara.

Guinness 04

Guinness 04

Guinness adalah salah satu merek yang dibangun kalangan komunitas. Minuman ini sering hadir di banyak tempat dimana orang berkumpul. Dengan mengonsumsi produk ini, orang-orang bertemu dan saling berbagi cerita satu sama lain. Dan sebagaimana yang kita tahu aktivitas berkumpul anak muda jauh lebih intens bila dibandingkan dengan kalangan lain. Storehouse menjadi wujud tantangan pemasaran perusahaan dimana mereka berusaha untuk menghubungkan antar kalangan muda di Irlandia pada khususnya. Tempat ini juga secara sengaja dibuat untuk menarik kumpulan orang melalui berbagai acara seperti penghargaan, konser, pesta perusahaan, fashion show, pameran seni dan lainnya. Bila berjalan dengan baik, tempat ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai komunitas.

Guinness 05

Guinness 05

Beberapa waktu kemudian Guinness Storehouse menjadi tempat tujuan favorit bagi wisatawan. Pada tahun 2002, tercatat tempat ini berhasil menarik lebih dari 570 ribu turis dan berhasil menyelenggarakan 45 ribu orang pada berbagai acara spesial. Namun Guinness tidak puas sampai di sini, perusahaan terus mengembangkan berusaha memperbaiki segala aspek dalam tempat ini agar lebih menarik perhatian turis lebih banyak lagi. Tempat ini terus berevolusi mengikuti perkembangan terbaru dari kalangan muda dari masa ke masa.

Guinness 06

Guinness 06

Dengan usaha ini, perusahaan berhasil menyegarkan image perusahaan dengan mengenalkan produk perusahaan kepada kalangan muda sekaligus memberikan ingatan-ingatan nostalgia pada kalangan yang lebih berumur. Karena perusahaan ini hidup dengan membangun komunitas, maka tempat ini menjadi semacam ikon perusahaan untuk menarik komunitas agar berkumpul di tempat tersebut. Dan di era New Wave Marketing, komunitas adalah salah satu elemen penting yang tidak boleh diabaikan.

Artikel ini diadaptasi dari Fast Companies

Sumber: http://the-marketeers.com/archives/93-guiness-yang-merangkul-komunitas-sepanjang-hidupnya.html

–o0o–


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: