Posted by: retarigan | March 18, 2016

Tommy Hilfiger: Kesalahan dari Usaha Mengganti Identitas


Tommy Hilfiger 01

Tommy Hilfiger 01

Seiring dengan perjalanan waktu banyak pengalaman dan cerita yang kita temui. Pengalaman yang baik akan menjadi sumber motivasi sebagai pendorong menjadi lebih baik. Pengalaman yang buruk menjadi sumber pembelajaran dan perbaikan dari situasi saat ini. Dalam kesempatan ini, Marketeers membagikan 100 Classic Marketing Stories sebagai sumbangan kecil pada dunia bisnis saat ini. Inilah kumpulan dari 100 kasus pemasaran menarik yang pernah terjadi sepanjang masa.

Tommy Hilfiger 02

Tommy Hilfiger 02

Meskipun tidak ditampilkan secara mencolok dan belum tentu ditonjolkan, logo memang menjadi salah unsur penting dari kegiatan usaha. Logo dapat menggambarkan segala sesuatu mengenai bisnis mulai dari karakter, sifat, gaya, dan lainnya. Tommy Hilfiger adalah salah satu produsen pakaian yang pernah melakukan kekeliruan dengan berusaha mengubah logo dan gaya perusahaan.

Tommy Hilfiger 03

Tommy Hilfiger 03

Pada dekade tahun 1990-an, Tommy Hilfiger bergerak dari menargetkan pasar yang kecil dan ceruk pasar yang terdiri dari konsumen kalangan atas menjadi berusaha menargetkan konsumen kalangan muda yang “melek mode”. Namun sangat disayangkan langkah ini tidak berjalan dengan mulus, pada tahun 2000 merek perusahaan tiba-tiba mengalami permasalahan. Hal ini tercermin dari harga saham perusahaan dimana pada bulan Mei 1999 harga sempat menyentuk 40 dollar per lembar, kemudian jatuh menjadi 22.62 dollar per lembar saat tahun baru tahun 2000 dan turun kembali menjadi setengahnya di tahun tersebut. Penjualan terus mengalami penurunan dan beberapa toko yang berlokasi strategis seperti London dan Beverly Hills terpaksa ditutup. Perusahaan juga terpaksa membatalkan beberapa acara fashion show.

Tommy Hilfiger 04

Tommy Hilfiger 04

Pada saat itu perusahaan berusaha membuat produk yang sangat trendi, mengikuti model ter-update di pasar. Namun sayangnya pasar konsumen tidak memberi tanggapan yang bagus. Akibatnya produk dari semua lini secara serentak mengalami permasalahan serius.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: