Posted by: retarigan | April 3, 2016

Lima Orang Biasa yang Mengubah Sejarah


Lima Orang Biasa yang Mengubah Sejarah

Author: Agra Winona

Intisari-Online.com – Untuk mengubah sejarah, tidak harus menjadi pahwalan perang. Buktinya lima orang biasa ini yang dengan perjuangannya bisa mengubah sejarah dunia, mulai dari pergerakan HAM, kesetaraan gender di lingkungan kerja, sampai mengubah hukum soal pengendara yang mabuk.

  1. Rosa Parks
Rosa Parks

Rosa Parks

Pada Desember 1955, Parks menolak menyerahkan kursinya di bus Montogmery kepada orang berkulit putih, pasalnya, saat itu Parks memang duduk di bagian yang disediakan untuk orang-orang kulit hitam. Tapi Parks kemudian ditahan dengan tuduhan pembangkangan. Sikap Parks dan gerakan pemboikotan bus Montgomery kemudian dianggap sebagai titik penting dalam pergerakan HAM.

  1. Candy Lightner
Candy Lightner

Candy Lightner

Setelah putrinya yang berusia 13 tahun meninggal karena kecelakaan yang disebabkan oleh pengendara yang mabuk, Candy Lightner mendirikan organisasi Mothers Against Drunk Driving (MADD) pada 7 Maret 1980.  Sebelum adanya MADD, hampir tidak ada konsekuensi legal bagi pengendara yang mabuk. Organisasi yang didirikan olehnya ini merubah sikap penduduk Amerika terhadap pengendara yang mabuk dan dengan sukses membuat hukum yang lebih ketat di seluruh negara.

  1. Ryan White
Ryan White

Ryan White

Ryan White, remaja penderita hemophilia dari Indiana ini terjangkit AIDS karena tranfusi darah. Melalui perjuangannya dengan AIDS, Ryan berhasil mematahkan mitos bahwa penderita AIDS hanyalah orang-orang yang menggunakan obat-obatan terlarang atau mereka yang melakukan seks bebas. Perjuangannya untuk mendapatkan perlakuan yang adil di sekolahnya juga memperlihatkan diskriminasi yang dialami oleh penderita AIDS.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: