Posted by: retarigan | April 5, 2016

Kisah Ibu Teresa: Kematian yang Bermartabat


Bunda Teresa 01

Bunda Teresa 01

Ibu Teresa (1910-1997), saat menjabat sebagai seorang biarawati dan guru di Loreto, ia menerima panggilan khusus dari Tuhan untuk melayani Dia di antara termiskin dari yang miskin. Ia mendirikan ordo Misionaris Cinta Kasih pada tahun 1950 di daerah kumuh dan kotor di Kolkata, India.

Suatu hari, ia menemukan seorang wanita miskin yang sekarat di tumpukan sampah. Tubuhnya digigit belatung, semut, dan tikus. Ibu Teresa membawanya ke tempat yang aman, dibersihkan, dan memberi semua perhatian medis yang mungkin dan penuh kasih sayang. Hidup wanita itu tidak bisa diselamatkan, tetapi ia meninggal dengan senyum manis di wajahnya. Wanita itu meninggal dengan bermartabat. Ibu Teresa tetap berada di dekatnya sampai pada kematiannya.

Kejadian ini memberi Ibu Teresa inspirasi untuk memulai membuat rumah untuk orang yang sekarat, di mana orang bisa mati dengan bermartabat, menerima perawatan lembut dan perhatian penuh kasih sayang sampat saat terakhir kehidupan.

Bunda Teresa 02

Bunda Teresa 02

Pada tahun 1952, Ibu Teresa membuka ‘Nirmal Hriday’, yang berarti ‘murni hati’, sebagai rumah untuk orang yang sekarat. Orang miskin yang sekarat dibawa ke Nirmal Hriday, menerima ritual keagamaan dari agama mereka sendiri sebelum kematian mereka. Orang-orang Kristen menerima ritus terakhir dari Liturgi Kudus, umat Hindu menerima air suci dari sungai Gangga, dan umat Muslim bisa mendengar pembacaan Al-Qur’an saat mendekati kematian. Dengan demikian mereka bisa mati dalam iman dan martabat, dengan perasaan bahwa mereka dicintai dan diinginkan.

Rumah itu dimaksudkan sebagai hadiah kematian yang indah bagi orang-orang yang hidup seperti binatang; dengan rahmat malaikat, dengan perasaan bahwa mereka dicintai dan diinginkan.

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: