Posted by: retarigan | April 13, 2016

Yvonne Bauer: Generasi kelima Bauer Media Group


FENOMENA: YVONNE BAUER

Yvonne Bauer: Generasi kelima Bauer Media Group (1)

Yvonne Bauer 01

Yvonne Bauer 01

Menggantikan sang ayah, Yvonne Bauer mewarisi bisnis keluarga. Generasi kelima Bauer Media Group ini kini menjadi nakhoda perusahaan dengan pendapatan tahunan US$ 2,6 miliar. Forbes mencatat Yvonne dan keluarganya sebagai orang paling tajir nomor 50 di Jerman dengan total kekayaan US$ 2,8 miliar pada Mei 2015. Latar belakang pendidikan Yvonne adalah Ilmu Filologi. Kariernya di media bermula ketika ia menjadi editor di perusahaan Hoffman and Campe.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Begitu pula dengan bisnis keluarga. Pundi-Pundi kekayaan tak akan lepas dari para pewarisnya. Tengok saja kerajaan bisnis Bauer Media Group. Salah satu pewarisnya adalah Yvonne Bauer. Wanita berkewarganegaraan Jerman ini merupakan generasi kelima yang menjalankan roda bisnis Bauer Media Group.

Kelompok bisnis media Bauer memiliki 600 majalah dan 400 produk digital di seluruh dunia. Selain itu, perusahaan media ini juga mempunyai 50 radio dan stasiun televisi di beberapa negara. Gurita bisnis Bauer Media Group tak lepas dari sejarah panjang perusahaan.

Bauer Group didirikan oleh Ludolph Bauer pada tahun 1875. Kala itu, Bauer Group hanyalah sebuah toko percetakan untuk kartu bisnis di Hamburg, Jerman. Seiring berjalannya waktu, Heinz Heinrich Bauer menjadi pelopor ekspansi internasional dengan meluncurkan majalah mingguan dengan segmentasi wanita bernama Woman’s World di 1981. Selain itu adalah juga In Touch dan First for Women. Heinz merupakan ayah dari Yvonne.

Berkat jasa Heinz, Bauer Group kini bertransformasi menjadi penerbit majalah terbesar di Eropa. Mengusung tema demografi perempuan, Bauer Media Group hadir di 16 negara dengan 11.000 karyawan. Pendapatan tahunan Bauer Group tercatat sebesar US$ 2,6 miliar.

Menurut Forbes, total kekayaan Yvonne dan keluarganya mencapai US$ 2,8 miliar pada bulan Mei 2015. Dengan kekayaan sebesar itu, Forbes menempatkan Yvonne dan keluarganya di urutan 663 orang terkaya dunia. Sementara, di Jerman, keluarga Bauer menduduki peringkat 50 dalam jajaran orang tajir.

Meski mewarisi bisnis ayahnya, Yvonne tidak memiliki latar belakang pendidikan di bidang media. Sejak 1997-2002, Dia mendalami ilmu filologi di University of Bamberg Jerman.

Namun, ketika kuliah Yvonne menjalani program magang di perusahaan penerbit Hoffman and Campe. Jabatannya sebagai editor merupakan cikal bakal Yvonne terjun di bisnis media. Wanita berusia 38 tahun ini mulai terlibat di Bauer Group pada 2005.

Meski ayahnya adalah pewaris perusahaan, Yvonne meniti karier dari bawah. Ia memulai debutnya di Bauer Media Group pada divisi pemasaran. Setahun berselang, Yvonne bergesar ke bagian penjualan. Dalam waktu 12 bulan, Yvonne langsung naik sebagai direktur menggantikan Bernd Baginski yang dipecat pada 2007.

Lima tahun berkarier di Bauer Group, sang ayah mengalihkan 85% kepemilikan sahamnya ke Yvonne dan membuat dirinya otomatis menjadi pengendali perusahaan. Bahkan, nilai itu jauh lebih besar ketimbang saudara-saudara tertuanya Mirja, Nicola, dan Saskia yang masing-masing mendapat jatah 5% dari Heinz.

Kemampuan Yvonne dalam menjalankan bisnis keluarga, tak semata-mata hanya mencari keuntungan. Bahkan, Yvonne mendobrak dengan tagline perusahaan “We think popular”. Motto ini mencerminkan hasrat perusahaan dalam menafsirkan budaya populer. Selain itu, Yvonne juga tertarik dengan isu-isu berat seperti kebebasan pers.

“Untuk melestarikan dan memastikan kebebasan pers ini, bahwa kita tetap bebas untuk memilih apa yang ingin kita baca di masa depan,” tulis Yvonne dalam halaman depan website Bauer Group.

Menurut Yvonne, sebagai perusahaan media, Bauer Group harus berinteraksi satu sama lain dalam sebuah kerangka toleransi dan fesyen dengan pikiran yang terbuka. “Kami meletakkan sebuah pasar yang jelas dalam mendukung kebebasan pers dan kebebasan berekspresi,” katanya.

Sumber: http://internasional.kontan.co.id/news/yvonne-bauer-generasi-kelima-bauer-media-group-1/2015/07/07

Pages: 1 2 3 4


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: