Posted by: retarigan | April 24, 2016

Jimmy Haslam: Penguasa SPBU dan Rest Area AS


FENOMENA: JIMMY HASLAM

Jimmy Haslam: Penguasa SPBU dan Rest Area AS (1)

Jimmy Haslam 01

Jimmy Haslam 01

Amerika Serikat (AS) merupakan salah satu negara yang berhasil mencetak para miliarder dunia. Salah satunya adalah James Arthur Haslam III alias Jimmy Haslam. Meneruskan usaha keluarganya yakni Pilot Corporation, perusahaan stasiun bahan bakar di Knoxville, Tennessee, AS, pria berumur 61 tahun ini berhasil masuk ke jajaran miliarder versi Forbes di urutan ke 663. Forbes menaksir, kekayaan bersih Haslam mencapai US$ 2,8 miliar.

James Arthur Haslam III alias Jimmy Haslam naik peringkat di jajaran orang kaya sejagat ke posisi 663 dari tahun lalu di posisi 1.154. Di Amerika Serikat, Jimmy menduduki peringkat orang paling kaya nomor 236 tahun ini.

Bisnis Jimmy dikategorikan sebagai bisnis sektor ritel. Ia mengembangkan bisnis keluarga berupa stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). Selain menggarap bisnis stasiun bahan bakar, saat ini Jimmy  juga memiliki jaringan toko serba ada yakni Pilot Food Mart di Tennessee serta perusahaan truck stop alias rest area terbesar di Amerika Serikat, yakni Pilot Flying J.

Sebagai generasi kedua dari perusahaan keluarga Pilot Corporation, keberhasilan ini tentu tak lepas dari campur tangan sang ayah, James Arthur Haslam II atawa Jim Haslam yang merupakan pendiri Pilot.

Sang ayah, Jim Haslam lahir di Detroit pada tahun 1930 dan menghabiskan masa kecilnya di Pennsylvania. Adapun kakek Jimmy merupakan veteran Perang Dunia Pertama. Selepas bertugas, ia menghidupi keluarganya dengan bekerja bagi Studebaker Corporation, produsen gerobak dan mobil yang berbasis di Indiana.

Beranjak remaja, Jimmy beserta keluarganya pindah ke Florida. Ia pun mengenyam pendidikan sekolah menengah atas di St. Petersburg High School di sana. Belajar dari kakek Jimmy, Jim Haslam sangat menyukai olahraga rugby. Bahkan ia direkrut oleh pelatih legendaris Robert Neyland untuk masuk ke University of Tennessee di tahun 1948. Jim Haslam adalah seorang bintang rugby yang sangat berpotensi pada masa itu.

Setelah wisuda, Jimmy tidak memilih rugby sebagai profesinya. Mengikuti jejak sang ayah, Jimmy mendaftar sebagai tentara Amerika Serikat dengan pangkat letnan dua. Bahkan ia sempat mengabdi kepada negara dengan mengikuti Perang Korea. Di tahun 1953, Jimmy pun menikahi sang pujaan hati, Cynthia Allen.

Sekembalinya Jimmy ke Tennessee, ia menolak tawaran menjadi pelatih tim rugby bagi SMA-nya. Haus akan pengalaman, Jimmy pun mulai bekerja di Sail Oil, sebuah perusahaan stasiun bahan bakar yang berbasis di kota LaFollette, Tennessee. Di sana, karier Jimmy terbilang cemerlang. Hanya dalam kurun waktu satu tahun, presiden perusahaan, Sam Claiborne mempromosikannya menjadi pemimpin stasiun-stasiun baru Sail Oil.

Setelah menghimpun pengetahuan dan pengalaman yang cukup, Jimmy pun angkat kaki dari Sail Oil di tahun 1958. Ketika hengkang dari Sail Oil, Jimmy dan Claiborne membuat perjanjian.

Jimmy tidak akan bersaing di bisnis SPBU Tennessee Timur dalam waktu tiga tahun. Menghormati perjanjian ini, Jimmy fokus mengembangkan bisnis di area Virginia dan Kentucky.

Di tahun yang sama, Jimmy beserta istrinya, Cynthia, membeli sebuah stasiun bahan bakar dengan harga US$ 6.000 yang berlokasi di Gate City, Virginia. SPBU ini memiliki empat pompa serta toko minuman ringan dan rokok.

Stasiun inilah yang merupakan cikal bakal lahirnya Pilot Corporation. Jimmy mengaku, nama tersebut terinspirasi dari sebuah iklan asuransi yang dilihatnya saat liburan ke Carolina Selatan.

Jimmy kadang menghabiskan beberapa hari berkeliling kota, menganalisa pola lalu lintas, sebelum memutuskan lokasi baru SPBU. Pada tahun 1965, Pilot membesar menjadi 12 SPBU. Sayangnya, perusahaan keluarga ini terimpit utang. Jimmy akhirnya harus menjual 50% saham ke Marathon Oil. Marathon Oil memasok bahan bakar secara konsisten dan mengucuri kredit US$ 4 juta. Dengan kucuran dana ini, Pilot makin berkembang. (Bersambung)

Oleh Maggie Quesada Sukiwan; Editor: Tri Adi

Sumber: http://internasional.kontan.co.id/news/jimmy-haslam-penguasa-spbu-dan-rest-area-di-as-1/2015/05/12

Pages: 1 2 3


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: