Posted by: retarigan | May 17, 2016

Donald M. Cathy: Miliarder yang religius


FENOMENA: DONALD M. CATHY

Donald M Cathy: Tegas tolak pernikahan sejenis (2)

Donald M. Cathy 02

Donald M. Cathy 02

Ada anggapan, orang religius sulit mencapai kesuksesan di dunia bisnis yang penuh intrik. Tapi, anggapan ini tak berlaku bagi Donald “Bubba” Cathy. Miliarder pemilik jaringan restoran ayam Chick-fil-A ini berani menentang pernikahan sesama jenis secara terbuka di hadapan publik Amerika yang liberal. Kendati terus menuai gelombang protes dan cibiran, pendapatan per restoran Chick-fil-A terbukti lebih besar ketimbang restoran beken KFC.

Aktivitas Donald M Cathy alias Bubba Cathy tidak melulu soal mengelola bisnis restoran. Miliarder dengan pundi-pundi dollar sebanyak US$ 3,5 miliar versi Forbes ini juga mengabadikan diri dalam yayasan keluarga yang didirikan ayah dan ibunya, bernama WinShape Foundation.

Yayasan yang sejak tahun 1984 ini fokus melayani konseling pernikahan. WinShape Foundation membantu pasangan yang bermasalah untuk kembali merekatkan ikatan pernikahan mereka.

Terkenal sebagai miliarder yang religius, Bubba Cathy dan isterinya, Cindy Cathy pun melayani dunia anak-anak dengan mendirikan 11 rumah asuh melalui WinShape Foundation.

Salah satu rumah asuh tersebut terletak di Brasil. Ada pula WinShape Retreat, yaitu bagian dari Winshape Foundation, menawarkan konsultasi pernikahan di Universitas Berry Collage di Northwest Georgia.

Bubba Cathy sangat menaruh perhatian pada hal pernikahan. Dalam pidatonya di sejumlah seminar, ia melihat banyak kasus perceraian yang terjadi di Amerika Serikat. Ia pun tergerak memberikan konseling pernikahan.

Bubba Cathy selalu mengingatkan kepada banyak orang bahwa ada tujuan hidup yang lebih besar dari sekadar berbisnis dan menghasilkan uang dengan menjual sandwich. Pesan inilah yang kerap Bubba Cathy sampaikan dalam kehidupan spiritual masyarakat.

Namun, ketaatan Bubba Cathy menghadapi ujian berat. Miliarder religius ini mendapat kritikan pedas dari masyarakat Amerika yang berpikiran liberal dan anti agama. Ekspansi bisnis miliknya, Chick-fil-A, pun menjadi taruhan.

Pada Januari 2011, media melaporkan bahwa Chick-fil-A merupakan sponsor pendukung konferensi pernikahan Pennsylvania Family Institute (PFI), yaitu organisasi yang menentang pernikahan sesama jenis.

Chick-fil-A juga ditengarai menyumbangkan lebih dari US$ 5 juta melalui WinShape Foundation untuk berkampanye menentang pernikahan sesama jenis. Dari jumlah tersebut, lebih dari US$ 3 juta disumbangkan untuk organisasi Kristen yang memiliki misi yang sama.

Sumbangan tersebut mengucur antara tahun 2003 hingga 2009.Tahun 2010, sebanyak US$ 1,9 juta di sumbangkan Chick-fil-A melalui WinShape kepada kelompok pendukung pernikahan Marriage & Family Foundation, Exodus International and the Family Research Council (FCR).  

WinShape juga memberikan kontribusi untuk kelompok Kristen termasuk Fellowship of Christian Athletes dan Exodus International, yang selanjutnya di kenal sebagai pendukung terapi mantan homoseksual. Juli 2012, Chief Operating Officer Chick-fil-A, Dan Cathy bahkan membuat pernyataan publik bahwa pernikahan sesama jenis mengundang hukuman Tuhan atas bangsa Amerika.

Pernyataan ini menuai gelombang protes. Walikota Boston, Thomas Menini dan Chicago Alderman mengatakan akan memblokir ekspansi waralaba Chick-fil-A di daerah mereka. Kelompok mahasiswa pun menyuarakan larangan restoran Chick-fil-A beroperasi di kampus mereka.

Buntutnya, The Jim Henson Company, perusahaan yang bekerja sama dengan Chick-fil-A dalam menyediakan mainan anak-anak juga menegaskan menghentikan kerjasama.

Namun, bisnis Chick-fil-A terbukti tahan goncangan. Mengutip Business Insider, jaringan restoran ini berhasil meraup pendapatan US$ 5,78 miliar. Bahkan, rata-rata pemasukan tahunan per restoran Chick-fil-A lebih tinggi ketimbang KFC atau US$ 3,1 juta berbanding US$ 960.000.

Oleh Dina Farisah

Sumber: http://internasional.kontan.co.id/news/donald-m-cathy-tegas-tolak-pernikahan-sejenis-2/2015/10/15

Pages: 1 2 3


Leave a comment

Categories