Posted by: retarigan | July 20, 2016

6 Cara Singkirkan Kecemasan dalam Hidup


6 Cara Singkirkan Kecemasan dalam Hidup

Author: Monalisa Darwin D

Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga ternyata dapat mengalami kecemasan atau kegelisahan. Kita harus mengendalikan pikiran dan diri ketika mengalami kecemasan, karena jika tidak maka tubuh akan mudah terkena stres. Nah, untuk itu, 6 cara singkirkan kecemasan dalam hidup berikut ini harus dilakukan:

  • Latihan pernapasan

Sudah tidak asing kita mendengar bahwa latihan pernapasan adalah cara yang bagus untuk mencegah hal negatif terkait dengan stres, termasuk kecemasan. Pernapasan yang dalam memungkinkan lebih banyak oksigen ke otak dan membersihkan pikiran dari segala macam pikiran negatif. Pada dasarnya, kita dibersihkan dari ide-ide dan pikiran yang pesimis, sehingga akhirnya membuat pikiran kembali positif dan bahagia.

  • Jangan berada dalam penyangkalan

Ketika cemas, jangan mencoba untuk pura-pura acuh tak acuh. Tak perlu menujukkan kepada siapapun bahwa kita sedang tidak dalam masalah. Jika kita mencoba meyakinkan diri bahwa kita sedang tidak cemas padahal kenyataannya iya, itu justru akan lebih merusak diri kita sendiri. Kecemasan hanya sebuah respons emosional, sama seperti semua emosi yang juga akan berlalu pada akhirnya jika dihadapi dengan cara yang tepat.

  • Ingatkan diri bahwa otak kita menipu

Ingatkan pada diri sendiri ketika cemas, bahwa otak bermain dengan triknya. Otak akan meyakinkan kita untuk percaya tentang segala hal yang sebenarnya tidak benar-benar terjadi. Ketika cemas, otak akan membuat kita melihat hal-hal yang paling negatif. Jadi, bukannya membiarkan emosi terus muncul bersama dengan kecemasan, namun justru lebih baik melangkah mundur dan mengingatkan diri sendiri bahwa itu hanyalah permainan otak.

Adopsi dari: http://intisari-online.com/read/6-cara-singkirkan-kecemasan-dalam-hidup-1

  • Hindari pikiran yang tidak realistis

Dalam keadaan cemas, kita cenderung memikirkan sesuatu yang tidak realistis tentang orang-orang di sekitar kita. Mungkin ada sesuatu yang tidak signifikan, yang kemudian memicu respon otak untuk berpikir segala hal adalah salah. Ketika cemas, cobalah berpikir secara logis daripada emosional, karena akhirnya akan menyebabkan pikiran yang tidak realistis dan kemudian membuat kita menjadi semakin buruk.

  • Perhatikan saja, jangan menghakimi

Kecemasan kita dipicu oleh bagaimana kita memandang situasi dan bagaimana kita bereaksi terhadap situasi tersebut. Dengan demikian, untuk menghindari kecemasan adalah dengan menjadi seorang pengamat dalam sebuah situasi. Jangan biarkan kecemasan mengontrol kehidupan kita. Jika situasi atau kondisi tersebut melibatkan kita, cari tahu apakah itu memunculkan kerugian signifikan dalam hidup.

  • Cari kesibukan

Cara singkirkan kecemasan dalam hidup yang terakhir adalah dengan mencari kesibukan. Memiliki kesibukan akan mengalihkan perhatian kita, termasuk ketika merasa cemas. Melakukan aktivitas akan menyingkirkan kecemasan yang ada di pikiran. Dengan melakukan sesuatu, bahkan yang penting, maka kita akan melupakan serta mengabaikan kecemasan. Ini kemudian akan membantu kita untuk menjaga pikiran dari pikiran-pikiran negatif yang akan menyebabkan kecemasan.

Nah, kita sudah tahu 6 cara singkirkan kecemasan dalam hidup. Jangan sampai pikiran negatif mengganggu kita! (magforwomen.com)

Adopsi dari: http://intisari-online.com/read/6-cara-singkirkan-kecemasan-dalam-hidup-2

–o0o–

Menjalani proses dan menikmati hidup dengan apa adanya tanpa kepura-puraan akan membawa kita dalam keadaan nyaman. ~ Riswan E Tarigan (Akademisi & Professional Trader – 1975 – present)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: