Posted by: retarigan | July 22, 2016

Konsumsi Makanan Ini untuk Menghindari Efek Buruk “Junk Food”


Bersosialisasi dengan banyak kerabat memang menyenangkan dan menyehatkan. Sayangnya, bila aktivitas ini sering kali diisi dengan pesta junk food yang didominasi makanan dan camilan bergaram tinggi, minuman bersoda, atau alkohol, tubuh Anda tentu tak akan sesehat sebelumnya.

Jadi apa yang perlu dilakukan agar tak terjebak efek buruk pesta junk food? Ada beberapa makanan dan minuman yang akan membantu Anda melawan efek dari pesta junk food; memperbaiki pencernaan dan mengembalikan energi. Ahli gizi Jessica Levinson dari Nutritioulicious dan Gina Hassick dari Eating Well membagi tip untuk Anda.

Yoghurt + buah berry

Yoghurt + Buah Berry

Yoghurt + Buah Berry

Buah BerryMeskipun Anda tidak memiliki nafsu makan setelah pesta junk food, seporsi yoghurt plain dicampur dengan beberapa buah berry segar untuk sarapan di esok hari, bisa menjadi awal baik untuk memperbaiki metabolisme.

Yoghurt mengandung bakteri lactobacillus yang dapat membantu kinerja pecernaan dan mengurangi peradangan usus yang dipicu oleh makanan manis dan alkohol.

Teh hijau

Teh Hijau

Teh Hijau

Jika Anda membutuhkan suntikan energi di pagi hari, minumlah segelas teh hijau tanpa gula. Minuman ini kaya akan antioksidan, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh terlalu banyak makan “sampah”.

Beberapa penelitian menunjukkan, teh hijau membantu menstabilkan kadar gula darah dan meredakan hasrat makan. Menjadi solusi diet tepat saat Anda sudah makan berlebihan.

Air putih

Air Putih

Air Putih

Hidrasi adalah kunci sehat, terutama setelah makan malam berlebihan. Air akan membantu membersihkan racun, membantu pencernaan, dan melawan kembung.

Omelet telur dan sayur

Telur tinggi protein mengandung asam amino sistein, yang memecah toksin dari alkohol (asetaldehida) dan membuangnya melalui urin.

Omelet Telur + Sayur

Omelet Telur + Sayur

SayurSedangkan, sayuran yang kaya serat seperti bayam dan tomat membantu pencernaan untuk bekerja dengan baik.

Jadi, lewatkan dulu keju dan bacon sebagai teman makan telur di pagi hari setelah semalaman pesta junk food. Sebab makanan tinggi lemak akan memperlambat perjalanan makanan ke dalam usus kecil, yang dapat menyebabkan perut kembung dan keram.

Air jahe atau teh peppermint

Air Jahe + Teh Pepperment

Air Jahe + Teh Pepperment

Teh PeppermintJika Anda merasa perut sangat kembung atau kram atau mengalami gangguan pencernaan, jahe atau teh peppermint bisa menjadi “penawar” terbaik. Keduanya berfungsi sebagai antispasmodic, yang akan membantu mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan Anda dan memungkinkan gas untuk keluar dengan lebih mudah.

Pisang

Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kurang minum air putih, dehidrasi menyebabkan Anda kehilangan mineral baik seperti kalium.

Pisang

Pisang

Cara terbaik untuk mengembalikannya ialah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kalium tinggi, seperti pisang, air kelapa dan kentang.

Mendapatkan cukup kalium juga akan membantu Anda mengatasi efek kembung dan pusing akibat menelan terlalu banyak sodium dari makanan asin.

Oatmeal

Oatmeal

Oatmeal

Jika Anda merasa mual setelah pesta junk food dan soda, oatmeal dengan irisan buah pir jauh lebih baik ketimbang sarapan dengan telur atau yoghurt. Kombinasi antara keduanya menghasilkan makanan dengan serat sehat namun lembut bagi perut.

Penulis: Ayunda Pininta; Editor: Bestari Kumala Dewi; Sumber: Prevention.com

Adopsi dari: http://health.kompas.com/read/2016/02/25/091500823/Konsumsi.Makanan.Ini.untuk.Menghindari.Efek.Buruk.Junk.Food.

–o0o–

Keseimbangan asupan ke dalam tubuh akan menjaga tingkat kesehatan seseorang. ~ Riswan E Tarigan, Akademisi & Professional Trader


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: