Posted by: retarigan | July 26, 2016

Biar Panjang Umur, Segera Ubah Kebiasaan Jelek ini


Saat kita berusia 20 – 30-an tahun, kita merasa hidup ada dalam genggaman dan bisa hidup selamanya. Tetapi saat usia merambat naik dan tubuh tak lagi sebugar sebelumnya, rasa panik pun langsung menyergap.

Jangan tunggu sampai terlambat, mumpung masih muda, ubahlah beberapa kebiasaan buruk ini demi investasi kesehatan jangka panjang.

  1. Malas cek kesehatan; Meski Anda merasa sehat, tapi kondisi tubuh bisa berkata sebaliknya. Banyak penyakit kronis yang tidak bergejala dan baru menyebabkan keluhan saat penyakitnya sudah berat. Lakukan pemeriksan kesehatan secara berkala, misalnya mengukur tekanan darah atau kadar gula darah. Terlebih jika ada riwayat penyakit dalam keluarga, atau gaya hidup Anda tidak sehat.
  2. Terlalu “lengket” dengan gadget; Kehadiran gadget memang membantu hidup kita menjadi lebih praktis, tapi terlalu tergantung pada peralatan komunikasi canggih itu bisa meningkatkan risiko penyakit. Menurut penelitian, sinar biru dari gadget bukan cuma mengganggu irama sirkadian tubuh, tapi juga membuat kualitas tidur berkurang. Menghabiskan banyak waktu dengan gadget juga membuat kita jarang bergerak.
  3. Tidak memprioritaskan tidur; Seperti halnya ponsel Anda, tubuh dan otak juga perlu reboot dan di-charge. Memiliki tidur yang berkualitas sangat penting untuk tubuh yang sehat. Kurang tidur menjadi faktor penyebab depresi dan mempercepat penuaan.
  4. Melewatkan waktu makan; Tidak sarapan atau tidak makan malam sepertinya menjadi cara yang ampuh untuk menurunkan berat badan. Tapi, cara ini justru membuat kita akan merasa lebih lapar dan makan banyak di waktu makan berikutnya. Sering melewatkan waktu makan juga membuat tubuh berada dalam “mode darurat” dan membuat kalori lebih banyak disimpan sebagai cadangan.
  5. Mengabaikan gejala penyakit; Berat badan turun tanpa sebab, ada darah dalam tinja, atau kelelahan? Saat tubuh memberikan sinyal ada sesuatu yang salah, perhatikan. Mengenali gejala penyakit sedini mungkin bisa membuat penyakitnya ditangani sebelum terlanjar parah.
  1. Merokok; Bahaya merokok sebenarnya tak perlu diingatkan lagi. Berhenti merokok sebelum Anda menginjak usia 40 tahun sebenarnya bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit yang disebabkan oleh rokok sampai 90%.
  2. Terlalu banyak mengasup garam; Hampir semua jenis makanan mengandung sodium tinggi, mulai dari sup, keju, daging olahan, saus, dan masih banyak lagi. Batasilah asupan makanan yang mengandung garam tinggi karena ini bisa menghindarkan kita dari penyakit jantung dan stroke.
  3. Malas minum air; Air akan menutrisi setiap sel dan organ dalam tubuh, termasuk kulit. Dengan bertambahnya usia, menjaga hidrasi tubuh akan semakin penting lagi karena orang yang lanjut usia biasanya kehilangan sensasi rasa hausnya.
  4. Berbohong pada dokter; Banyak orang yang berbohong saat berkonsultasi dengan dokter. Padahal, berkata jujur pada dokter sangat penting untuk menentukan terapi yang diperlukan.
  5. Senang minuman manis; Kesukaan Anda mengonsumsi minuman manis bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kegemukan, resistensi insulin, dan diabetes. (Lusia Kus Anna)

Oleh: Adi Wikanto; Sumber Kompas.com

Sumber: http://lifestyle.kontan.co.id/news/biar-panjang-umur-segera-ubah-kebiasaan-jelek-ini

Biasakan hal yang baik. Hasil pun akan baik. ~ Riswan E Tarigan, Akademisi (1975 – present)

–o0o–


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: