Posted by: retarigan | July 30, 2016

Kaya Raya karena Mewarisi Klub Bisbol


INTERNASIONAL / FENOMENA

Kaya Raya karena Mewarisi Klub Bisbol (1)

Robert Rich Jr 01

Robert Rich Jr 01

Terlahir dari keluarga kaya, Robert Rich Jr tak cuma mempertahankan bisnis warisan. Sebagai generasi kedua, dia berhasil membesarkan bisnis produsen makanan beku yang awalnya didirikan sang ayah. Di tangan Robert Rich Jr, perusahaan dengan bendera bisnis Rich Products terus melebarkan bisnis hingga ke bisnis olahraga. Robert Rich Jr merupakan pemilik tiga klub bisbol. Melalui bisnis makanan beku dan bisbol, hartanya mencapai US$ 4,2 miliar, terkaya ke-162 di AS.

Robert Rich Jr beruntung bisa terlahir di keluarga kaya raya. Dia merupakan anak dari pengusaha asal Islamorada, Florida. Ayah yang bernama Robert Rich Sr merupakan produsen Rich Products Corporation, produsen makanan beku milik keluarga terbesar di Amerika Serikat (AS).

Robert Rich Sr membangun Rich Products pada 1945 silam dari nol. Perusahaan ini awalnya startup di Kanada. Dengan ketekunan dan strategi pemasaran yang tepat, Rich Products tumbuh besar hingga dikenal di luar Kanada.

Hingga akhirnya, Robert Rich Sr memindahkan bisnis keluarganya ke Buffalo, New York. Kendati lahir di keluarga kaya, Robert Rich Jr melewati hari-hari layaknya remaja seusianya.

Selepas lulus kuliah, Robert Jr mulai terlibat dalam bisnis keluarga. Dia lulus dari Williams College dengan membawa pulang gelar Bachelor of Arts/Sciene pada tahun 1963.

Setahun setelahnya, ia mulai bergabung di Rich Products. Meski tidak mengantongi gelar sarjana bisnis, Robert Jr mewarisi naluri bisnis sang ayah.

Mewarisi bisnis, Robert Jr berambisi tidak hanya meneruskan perusahaan tapi membesarkannya.   Demi menajamkan naluri dan kepemimpinan bisnisnya, dia melanjutkan studi Master of Business Administration (MBA) di University of Rochester pada tahun 1969.

Ia sadar bahwa perusahaan keluarga ini harus tetap eksis. Dengan menempuh studi di bidang bisnis, ia berharap dapat berkontribusi penuh pada perusahaan.

http://internasional.kontan.co.id/news/kaya-raya-karena-mewarisi-klub-bisbol-1

Setelah mendapatkan gelar MBA, Robert Jr kembali ke perusahaan dengan menduduki jabatan strategis sebagai Vice President Sales and Marketing.  Selanjutnya, ayah empat anak ini akhirnya dipercayakan menjadi pucuk pimpinan Rich Products pada tahun 1978.

Ia menyandang jabatan presiden perusahaan setelah memperkaya diri dengan pengetahuan bisnis. Setelah menikah dengan Melinda atau yang akrab disapa Mindy, Robert Jr semakin mantap mengibarkan bendera perusahaan.

Pasangan suami isteri ini membuktikan kolaborasi yang sempurna dalam menjalankan bisnis. Sementara, Mindy didapuk menjadi vice president.

Duet pimpinan suami isteri ini saling bersinergi hingga Rich Products mengantongi pendapatan tahunan sebesar US$ 2,9 miliar. Produsen makanan beku ini melebarkan sayap pada bisnis dessert topping non-dairy dan akhirnya mendirikan lini bisnis non-dairy whipped topping.

Selain tersohor sebagai pengusaha makanan beku, Robert Jr juga dikenal sebagai pengusaha yang tergila-gila terhadap olahraga. Dia merupakan pemegang saham sejumlah klub olahraga.

Pada tahun 1983, Rich Products menajamkan cengkeraman bisnis di luar sektor makanan. Robert Jr membeli tim liga bisbol Buffalo Bisons.

Aksi ini mengejutkan lantaran terdapat perbedaan yang sangat jauh antara menjalankan bisnis makanan dengan bisnis olahraga. Keputusan membeli Buffalo Bisons salah satunya karena kecintaan Robert Jr pada olahraga.

Bisons merupakan afiliasi dari Toronto Blue Jays, tim bisbol dari Kanada. Selanjutnya, Robert Jr membeli Northwest Arkansas Naturals, tim bisbol asal Springdale, Arkansas yang terafiliasi dengan Kansas City Royals.

Masih belum puas, Robert Jr membeli saham West Virginia Black Bears, liga bisbol asal Morgantown, West Virginia yang terafiliasi dengan Pittsburgh Pirates. Pendapatan dari bisnis bisbol turut berkontribusi menggemukkan harta Robert Jr.

Catatan Forbes, harta Robert Jr mencapai US$ 4,2 miliar per Juli 2016, naik berlipat dari US$ 2,9 miliar di 2015.

Reporter Dina Farisah; Editor Tri Adi; FENOMENA: ROBERT RICH JR

Adopsi dari: http://internasional.kontan.co.id/news/kaya-raya-karena-mewarisi-klub-bisbol-1?page=2

Pages: 1 2 3 4


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: