Posted by: retarigan | August 11, 2016

Jalankan Bisnis dengan Jujur dan Bertanggung Jawab


INTERNASIONAL / FENOMENA

Jalankan Bisnis dengan Jujur dan Bertanggung Jawab

TS Kalyanaraman 01

TS Kalyanaraman 01

Belajar dari sang ayah, Kalyanaraman selalu menerapkan nilai-nilai luhur dalam menjalankan bisnis. Pria yang kini berusia 64 tahun ini memegang teguh prinsip ayahnya dalam menjalankan bisnis yakni jujur dan bertanggung jawab. Ia tak mau merugikan apalagi sampai menipu para pelanggannya. Saat gerai perhiasan lain berbuat curang, dia tetap menjual emas sesuai dengan kriteria harga dari Biro Standar India. Alhasil, pelanggan pun terus berdatangan.

Bisnis tak semata memburu keuntungan. Yang penting juga lagi adalah bagaimana menerapkan nilai-nilai dalam berbisnis sehingga tak merugikan konsumen. Prinsip ini pula yang dipegang TS Kalyanaraman dalam menjalankan kendaraan bisnisnya,  Kalyan Jewellery.

Memiliki akar agamis dari sang kakek yang berlatar belakang pendeta membuat Kalyanaraman menjalankan roda bisnis dengan memegang nilai luhur. Dia memegang teguh kejujuran saat menjalankan toko perhiasan, Kalyan Jewellery. Atas dasar nilai-nilai tersebut, pria kelahiran 1951 ini berani melakukan gebrakan yang belum pernah ada di industri perhiasan India sebelumnya.

Salah satunya, menjadikan Kalyan Jewellery sebagai toko perhiasan pertama yang menjual emas sesuai dan harus memenuhi kriteria Biro Standar India. Kalyanaraman membuat kebijakan tersebut untuk menghindari kecurangan dalam penjualan emas dan permainan harga yang kerap ditemukan di bisnis tersebut.

Kalyanaraman juga sering melakukan edukasi kepada masyarakat soal emas. Baik itu soal pergerakan harga sampai kualitasnya. Dengan begitu, konsumen bisa lebih bijak dan terhindar dari penipuan ketika ingin berbelanja perhiasan.

Untuk melengkapinya, pria yang sudah memulai berbisnis sejak berusia 12 tahun ini, juga berani merogoh kocek untuk memasang alat pengukur kadar emas. Padahal saat Kalyanaraman memulai bisnis di tahun 1993, alat tersebut masih menjadi barang langka ditemukan di toko perhiasan emas India.

http://internasional.kontan.co.id/news/jalankan-bisnis-dengan-jujur-dan-bertanggung-jawab

Sejumlah langkah lain dilakukan untuk membuat Kalyan Jewellery menonjol ketimbang pesaing. Ia juga melakukan terobosan dengan memberi penghargaan kepada pelanggan setia Kalyan Jewellery. Sejumlah program loyalitas konsumen ia buat dengan iming-iming hadiah yang memikat konsumen.

Tak sampai di situ, terobosan lain yang dilakukan adalah dengan memperbanyak layanan dan skema penjualan perhiasan di tokonya. Kalyan Jewellery juga menyediakan layanan asuransi emas sampai skema pembelian emas secara kredit yang sebelumnya tidak dikenal di penjualan emas India.

Terobosan yang dibuat ayah dua orang anak ini makin mencuatkan nama Kalyan Jewellery di mata masyarakat. Sejalan dengan hal tersebut, bisnis Kalyan Jewellery makin berkembang di India. Berbekal reputasi yang baik, membuat Kalyanaraman mudah saat melakukan ekspansi ke kota-kota lain karena pasar telah percaya padanya.

Seiring dengan makin gemuknya bisnis Kalyan Jewellery, Kalyanaraman membutuhkan tambahan tenaga. Kedua anak laki-lakinya, Rajesh Kalyanaraman dan Ramesh Kalyanaraman akhirnya ikut bergabung di awal pergantian milenium. Keduanya memiliki tanggung jawab berbeda.

Sang sulung, Rajesh, ditugasi mengurus pembelian dan keuangan perusahaan. Sementara untuk urusan penjualan dan pemasaran menjadi lahan yang digarap Ramesh. Dengan bantuan kedua putranya, Kalyan Jewellery semakin besar.

Semakin gemuknya Kalyan Jewellery juga membuat perusahaan tersebut jadi bidikan investor. Pada 2014, sebuah private equity asal Amerika Serikat Warburg Pincus membeli 12% saham perusahaan tersebut sebesar Rs 1.200 crore. Dana tersebut digunakan untuk melakukan sejumlah ekspansi di berbagai tempat.

Kini jaringan Kalyan Jewellery sudah mencapai 61 toko di berbagai kota besar India. Ditambah beberapa toko yang ia miliki di Timur Tengah. Namun itu belum termasuk toko My Kalyan yang menyasar kalangan menengah bawah yang sudah ratusan toko. (Bersambung)

Reporter Tendi Mahadi; Editor Tri Adi

FENOMENA: TS KALYANARAMAN

Adopsi dari: http://internasional.kontan.co.id/news/jalankan-bisnis-dengan-jujur-dan-bertanggung-jawab?page=2

Pages: 1 2 3 4


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: