Posted by: retarigan | September 24, 2016

Miliarder Konstruksi yang Rendah Hati


INTERNASIONAL / FENOMENA

Miliarder Konstruksi yang Rendah Hati (1)

Pallonji Shapoorji Mistry 01

Pallonji Shapoorji Mistry 01

Sederhana dan tak gila publikasi. Begitulah sosok Pallonji Shapoorji Mistry. Padahal pria asal Mumbai, India yang kini menjadi  warga negara Irlandia ini merupakan pemilik kekayaan US$ 13,8 miliar versi Forbes. Ia merupakan orang terkaya kelima di India dan urutan 73 di dunia. Harta Pallonji didapat dari bisnis konstruksi lewat bendera The Shapoorji Pallonji Group. Tak hanya memiliki perusahaan sendiri, dia juga pemegang saham terbesar di Tata Sons.

Bisnis konstruksi seakan tak ada matinya. Bisnis ini pula yang membawa Pallonji Shapoorji Mistry menjadi salah satu miliarder ternama asal India. Forbes mencatat, Pallonji memiliki kekayaan bersih US$ 13,8 miliar hingga September 2016.

Pundi kekayaan tersebut meningkat dari awal tahun ini yang baru sebanyak US$ 12,5 miliar. Menurut Forbes, Pallonji merupakan orang kaya nomor lima di India, dan nomor 73 di dunia.

Meski menjadi masuk daftar 10 besar orang terkaya India, sosok Pallonji aga misterius. Ia tak gila publikasi. Cerita kehidupan pribadinya tidak banyak terungkap media.

Konglomerat India yang kini berusia 87 tahun ini berhasil meraih kekayaan dari bisnis The Shapoorji Pallonji Group (SP Group). Perusahaan dengan label SP Group ini tidak hanya bergerak di konstruksi. Tapi juga berbisnis real estate, tekstil, barang teknik, peralatan rumah, pengiriman, publikasi, tenaga listrik dan bioteknologi.

Di bawah bendera SP Group ada sederet anak usaha yang eksis yaitu Shapoorji Pallonji Construction Limited, Forbes Textiles, Eureka Forbes Limited dan anak usaha lainnya. Kini pendapatan perusahaan milik Pallonji ini sebesar US$ 2,5 miliar dan jumlah karyawan mencapai 23.000 di tahun 2015.

http://internasional.kontan.co.id/news/miliarder-konstruksi-yang-rendah-hati-1

Meski Shapoorji Pallonji Group tak dikenal sebagai perusahaan konstruksi papan atas, namun perusahaan ini telah membuat sejumlah bangunan ikonik di India. Misal gedung Reverse Bank of India, gedung Bombay Stock Exchange, Hotel The Taj Mahal, Istana Sultan Oman, dan masih banyak lagi.

Shapoorji Pallonji Group tak begitu eksis lantaran keluarga mereka yang tertutup dan rendah hati. Bahkan Pallonji disebut sebagai miliarder tersembunyi.

Selain di SP Group, Pallonji juga memiliki 18,4% saham di Tata Sons. Kepemilikan ini paling besar dibanding pemegang saham lain.  Pallonji memiliki saham di Tata Sons hasil warisan dari sang ayah yang telah membeli saham perusahaan tersebut sejak lama.

Meski tak eksis di media, Pallonji terbilang bertangan dingin. Berkat sentuhannya pula, SP Group bisa besar seperti sekarang.  Sebelum dikelola Pallonji, perusahaan tersebut dirintis sang ayah yakni Shapoorji. Ayah Pallonji kemudian menyerahkan bisnis Shapoorji Pallonji Group kepadanya agar bisnis konstruksi berumur panjang.

Pria kelahiran tahun 1929 ini, memiliki empat anak dari pernikahannya dengan Patsy Perin Dubash. Patsy merupakan wanita berkewarganegaraan Irlandia. Karena pernikahannya tersebut, Pallonji memiliki dua kewarganegaraan yakni India dan Irlandia.

Karena pernikahannya tersebut, Pallonji juga memutuskan melepaskan kewarganegaraan India. Keputusan tersebut diambil pada tahun 2003.

Pasangan ini memiliki empat orang anak, yakni dua anak laki-laki Shapoor Mistry dan Cyrus Mistry. Serta dua anak perempuan bernama Aloo Mistry dan Laila Mistry. Dua anak laki-lakinya dididik menjadi pengusaha.

Shapoor Mistry sebagai putra pertama dikenal sebagai anggota keluarga yang paling flamboyan. Ia menikah dengan Behroze Sethna, putri pengacara Rusi Sethna. Sedangkan, Cyrus Mistry adalah putra kedua yang dikenal paling sederhana menikah dengan Rohika Chagla, putri dari pengacara Iqbal Chagla. Pada tahun 2012, Cyrus Pallonji Mistry dinobatkan sebagai Chairman Tata Group.

Kini, Pallonji mulai menyerahkan operasional bisnis perusahaan ke anak-anaknya. Ia mendidik sang anak dengan menempatkan anak-anaknya di bagian dasar perusahaan agar mereka kenal alur bisnis dari bawah hingga atas. (Bersambung)

Reporter Nina Dwiantika; Editor Tri Adi

FENOMENA: PALLONJI SHAPOORJI MISTRY

Adopsi dari: http://internasional.kontan.co.id/news/miliarder-konstruksi-yang-rendah-hati-1?page=2

Pages: 1 2 3 4


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: