Posted by: retarigan | November 21, 2016

Brainy Quote ‘Education is the most powerful weapon which you can use to change the world’ ~ Nelson Mandela 001


Anda menilai seberapa pentingkah pendidikan bagi Anda dalam menghadapi hidup? Cukupkah pendidikan sekadar memenuhi keingintahuan? Atau hanya sekadar memenuhi syarat untuk masuk ke pasar tenaga kerja? Atau pendidikan adalah segalanya? Setiap orang akan menggapai tingkat pendidikan sampai batas tertentu sesuai dengan penilaian mereka terhadap pentingnya pendidikan.

Brainy Quote of Nelson Mandela 001

Brainy Quote of Nelson Mandela 001

Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.” ~ Nelson Mandela

Tidak ada senjata terbaik yang pernah ada untuk melakukan perubahan positif terhadap dunia, selain pendidikan. Pendidikan memberi seseorang pengetahuan, pemahaman, dan kebijaksanaan akan dunia di sekelilingnya.” ~ Riswan E Tarigan

Pendidikan adalah senjata, jauh lebih ampuh daripada senjata pemusnah masal sendiri. Senjata fisik hanya dapat memusnahkan sebagian manusia. Tetapi, senjata fisik tidak dapat membangun sebuah peradaban. Laksana quote yang pernah disampaikan Nelson Mandela, seorang aktivis anti-apartheid dan presiden Afrika Selatan, hidup dalam rentang tahun 1918-2013, ‘Education is the most powerful weapon which you can use to change the world.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang bisa Anda gunakan untuk mengubah dunia.

Dengan pendidikan, seseorang dapat mengubah dunianya sendiri. Dia dapat mengubah persepsi dan perspektifnya terhadap kehidupan. Dengan pendidikan, ia akan mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Ia akan memiliki cukup pengetahuan dan sumberdaya untuk membangun peradaban di komunitasnya.

Pendidikan bagi sebuah bangsa, memampukan mereka menjadi negara modern yang dapat menciptakan barang dan jasa (teknologi dan produk lain) dan dapat memenuhi kebutuhan mereka sendiri serta umat manusia di negara dan belahan dunia lain.

Namun, pendidikan tanpa etika juga dapat menjadi musuh bagi perdamaian dunia dan bisa digunakan untuk saling memusnahkan. Pendidikan yang tidak bertanggung jawab bisa mengakibatkan kebinasaan bagi orang tersebut dan orang-orang yang se-ide dengannya dengan tidak sepandangan dengan sebagian besar manusia di sisi lain.

Bila pendidikan ditempatkan dalam porsi yang seimbang, maka pendidikan merupakan alat atau tiket seseorang untuk menjadi pribadi yang memiliki keunggulan dan memberikan kontribusi positif bagi kehidupan. Ia mampu lebih banyak ‘memberi’ daripada ‘menerima’.

Pendidikan adalah senjata untuk keluar dari dunia kebodohan. Pendidikan juga menjadi alat untuk menggapai puncak keberhasilan.

Tangerang Selatan, 21 November 2016

Riset Corporation

Advertisements

Pages: 1 2


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: