Posted by: retarigan | November 26, 2016

Pebisnis dan Pewaris Kekayaan Pendiri Apple


INTERNASIONAL / FENOMENA

Pebisnis dan Pewaris Kekayaan Pendiri Apple (1)

Laurene Powell Jobs 01

Laurene Powell Jobs 01

Mendapat warisan dari sang suami yang telah meninggal dunia membuat Laurene Powell Jobs mengantongi banyak kekayaan. Tak heran, harta kekayaan wanita berusia 53 tahun ini mencapai US$ 17,5 miliar. Selain memiliki warisan yang berjibun, janda dari Steve Jobs ini juga memiliki beberapa kegiatan yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan bisnis pribadi. Kepemilikan saham di Walt Disney dan Apple menjadi penopang pundi-pundi kekayaan Laurene.

Pendiri Apple Inc, Steve Jobs telah tiada. Jobs mewariskan harta berlimpah bagi sang istri yakni Laurene Powell Jobs. Ini yang membuat istri mendiang Jobs itu masuk jajaran miliarder dunia.

Sejatinya, harta Laurene bukan cuma dari warisan Jobs. Wanita kelahiran 6 November 1963 ini juga seorang pebisnis dan memiliki kegiatan di bidang pendidikan.

Pebisnis wanita asal West Milford, New Jersey, Amerika Serikat ini kini dikenal sebagai Executive & Founder Emerson Collective, sebuah lembaga yang mengadvokasi kebijakan tentang pendidikan dan reformasi imigrasi, keadilan sosial dan pelestarian lingkungan. Tahun ini, Forbes menaksir harta kekayaan bersih Laurene Jobs mencapai US$ 17,5 miliar.

Laurene juga tercatat sebagai co-founder and Presiden Board of College Track. Lembaga ini mempersiapkan siswa SMA kurang mampu untuk dapat mengecap bangku perguruan tinggi. Kini ia menetap di Palo Alto, California bersama tiga anaknya.

Perjalanan bisnis Laurene dimulai pada saat mendirikan Terravera, sebuah perusahaan makanan alami yang dijual ke pengecer di wilayah Northern California. Wanita yang kini berusia 53 tahun ini juga masuk dewan direksi Achieva. Lembaga ini membantu siswa agar lebih efektif dalam kegiatan belajar mengajar.

Sebelum menggeluti bisnis sendiri, Laurene pernah bekerja di bidang keuangan. Ia pernah menjadi pegawai Merrill Lynch Asset Management. Laurene juga menghabiskan tiga tahun mengabdi di Goldman Sachs.

http://internasional.kontan.co.id/news/pebisnis-dan-pewaris-kekayaan-pendiri-apple-1

Laurene resmi menyandang status sebagai istri Steve Jobs pada tanggal 18 Maret 1991. Pernikahan mereka diadakan di Hotel Ahmahnee, Yosemite National Park. Namun mahligai rumah tangga Laurene dan Steve hanya berlangsung 20 tahun. Tanggal 5 Oktober 2011, Steve Jobs meninggal dunia akibat komplikasi dan kanker pankreas yang telah ia derita selama tujuh tahun.

Laurene kemudian mewarisi Steven P. Job Trust. Perusahaan tersebut memiliki 7,3% saham The Walt Disney Company senilai US$ 1,1 miliar. Selain itu, sebagai istri pendiri dan chief executive officer Apple Inc ia juga mewarisi saham Apple Inc sebesar 38,5 juta saham.

Karena itulah, menurut Wealth-X, Laurene menjadi wanita terkaya nomor empat di dunia sekaligus masuk ke dalam kategori 50 orang terkaya dunia. Sebagian besar kekayaan Laurene berasal dari warisan suaminya yang diperkirakan sebesar US$ 14,1 miliar.

Harta Laurene juga berasal dari kepemilikan saham Walt Disney. Bahkan, portofolio di perusahaan hiburan ini terus meningkat. Sejak suami Laurene meninggal dunia, kepemilikan sahamnya di Walt Disney menggelembung menjadi US$ 12,7 miliar.

Harta kekayaan Laurene terbesar lainn dari saham Apple sekitar US$ 560 juta. Ketika Jobs tidak lagi menjabat sebagai Chief Executive Officer (CEO) Apple Inc, ia menjual hampir seluruh kepemilikan saham di perusahaan teknologi tersebut.

Laurene juga menguasai properti real estate, pesawat jet pribadi dan apartemen mewah. Rumah yang saat ini dihuni bersama ketiga anaknya di Palo Alto ditaksir senilai US$ 8 juta. Sementara itu, aset tunai dan likuid milik Laurene mencapai US$ 700 juta. Uang tersebut merupakan akumulasi gaji, bonus, investasi dan transaksi saham Laurene.

Meski bergelimang harta, ibu tiga anak ini tidak lantas silau akan nikmatnya kehidupan dunia. Sebagian hartanya justru dialokasikan untuk kegiatan sosial khususnya bidang pendidikan. Laurene menaruh perhatian besar pada generasi muda untuk mengecap pendidikan tinggi. Sebab, mereka yang menjadi generasi penerus.

Reporter Dina Farisah; Editor Tri Adi

LAURENE POWELL JOBS

Adopsi dari: http://internasional.kontan.co.id/news/pebisnis-dan-pewaris-kekayaan-pendiri-apple-1?page=2

Pages: 1 2 3


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: