Posted by: retarigan | September 14, 2017

Brainy Quote ‘There is nothing on this earth more to be prized than true friendship’ ~ Thomas Aquinas 001


Apa yang paling berharga bagimu? Harta yang melimpah? Gelar akademik yang panjang atau gelar sertifikasi yang banyak? Asset fisik yang tersebar di sejumlah tempat? Apakah semua itu membuatmu bahagia dan bersukacita senantiasa? Terkadang manusia lupa, bila hal-hal yang bersifat fisik dan berupa simbol, tidak akan membuatnya berada pada kondisi paling bahagia dan dapat bertahan lama.

Brainy Quote ~ Thomas Aquinas 001

Thomas Aquinas, seorang teologis, filsuf, dan pendeta, kelahiran Italia, hidup dalam rentang tahun 1225-1274, pernah meng-quote, ‘There is nothing on this earth more to be prized than true friendship.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Tidak ada sesuatu di dunia ini yang lebih berharga daripada persahabatan sejati.’

Di atas semua nilai aset yang fana, sesuatu yang paling berharga adalah persahabatan sejati. Apa gunanya kita memiliki semua dunia ini, bila tidak ada orang yang peduli kepada kita. Bukankah orang yang paling miskin adalah orang yang memiliki harta namun tidak memiliki seorang sahabat?

Saat seseorang dalam kondisi tiada berkekurangan, mungkin dia berpikir bahwa dia bahagia dengan apa yang dia miliki. Namun, bukankah ia lebih bersukacita bila ia menikmati yang dia miliki bersama orang-orang yang peduli dan yang mengasihinya?

Saat dia dalam keadaan bersedih, mungkin dia berpikir dia dapat menanggungnya sendiri. Namun, bukankah dengan adanya sahabat di samping kita, beban kita semakin ringan dan kita mampu melalui masa-masa kesesakan bersama-sama?

Bila dia tidak menganggap demikian, pertanyaannya, ‘Apakah dia manusia?’ Bila benar dia manusia sebagai makhluk sosial, dia pasti merasa memiliki sahabat adalah hal terbaik dibandingkan absennya seorang sahabat. Bila dia memiliki hati, dia pasti merasa berbagi kasih atau berbagi beban kesedihan jauh lebih baik daripada ditanggung sendiri.

Bila demikian, apakah engkau merasa sahabat tiada berarti? Thinking about yourself.

Binus Anggrek, 14 September 2017

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories