Posted by: retarigan | March 22, 2024

Renungan Pagi Ini | Jumat – 22 Maret 2024


“Shalom Aleichem b’Shem Ha Mashiach”

Renungan Pagi Ini | Jumat – 22 Maret 2024

Langkah Selanjutnya dari Kasih
Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 10-12 | Lukas 1:39-56
Marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran. –1 Yohanes 3:18

Ayat Bacaan & Wawasan: 1 Yohanes 3:16-18
Langkah Selanjutnya dari Kasih | 1 Yohanes 3:16-18 | Video Renungan Santapan Rohani

Apa yang membuat seseorang mau membantu pesaingnya? Bagi seorang pemilik restoran bernama Adolfo di Wisconsin, alasannya adalah kesempatan untuk mendorong para pemilik restoran lokal lainnya yang kesulitan beradaptasi dengan peraturan di masa pandemi COVID. Adolfo mengalami sendiri bagaimana sulitnya menjalankan bisnis selama masa pandemi. Didorong oleh kemurahan hati sebuah bisnis lokal lainnya, ia pun mengeluarkan lebih dari dua ribu dolar dari kantongnya sendiri untuk membeli kartu-kartu hadiah yang dibagikan secara cuma-cuma kepada para pelanggannya untuk digunakan di restoran-restoran lain dalam komunitasnya. Itulah ungkapan kasih yang terwujud dalam tindakan, bukan hanya berupa kata-kata.

Berangkat dari ungkapan kasih tertinggi yang telah ditunjukkan lewat kerelaan Yesus menyerahkan nyawa-Nya bagi umat manusia (1 Yoh. 3:16), Rasul Yohanes mendorong para pembacanya untuk juga mengambil langkah selanjutnya dengan mewujudkan kasih dalam tindakan. Bagi Yohanes, “menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita” (ay. 16) berarti menunjukkan kualitas kasih yang sama dengan yang dicontohkan oleh Yesus—dan kasih itu sering kali perlu diwujudkan dalam tindakan sehari-hari, seperti berbagi harta milik kita dengan sesama. Mengasihi dengan kata-kata tidaklah cukup; kasih menuntut adanya tindakan yang tulus dan bermakna (ay. 18).

Menerapkan kasih ke dalam tindakan bisa terasa sulit karena sering kali dibutuhkan kerelaan untuk berkorban atau mengalami kerugian demi orang lain. Dengan kesanggupan dari Roh Allah dan ingatan akan kasih-Nya yang berlimpah untuk kita, kita dapat mengambil langkah kasih yang selanjutnya.

Oleh: Lisa M. Samra

Renungkan dan Doakan
Pernahkah Anda mengalami kasih yang terwujud dalam tindakan? Bagaimana Anda dapat mengambil langkah selanjutnya untuk mengasihi seseorang dengan cara praktis?
Tuhan Yesus, tolonglah aku untuk mengikut teladan-Mu dan mengambil langkah selanjutnya yang dibutuhkan untuk menunjukkan kasih yang tulus lewat tindakanku hari ini.

Adopsi dari | https://santapanrohani.org/2024/03/22/langkah-selanjutnya-dari-kasih

| English Version |

This Morning’s Reflection | Friday – March 22nd, 2024

Next Step of Love
Bible in a Year: Joshua 10–12 | Luke 1:39–56
Let us not love with words or speech but with actions and in truth.
1 John 3:18

Today’s Scripture & Insight: 1 John 3:16–18
Next Step of Love | Audio Reading | Our Daily Bread Devotional | March 22, 2024

What would cause someone to help a competitor? For a restaurant owner named Adolfo in Wisconsin, it was the opportunity to encourage other struggling local restaurant owners adapting to Covid regulations. Adolfo knew firsthand the challenges of operating a business during a pandemic. Encouraged by another local business’ generosity, Adolfo spent his own money to purchase more than two thousand dollars in gift cards to give away to his customers to use at other restaurants in his community. That’s an expression of love that’s not just words but action.

Building on the ultimate expression of love demonstrated by Jesus’ willingness to lay down His life for humanity (1 John 3:16), John encouraged his readers to also take the next step and put love into action. For John, to “lay down our lives for our brothers and sisters” (v. 16) meant demonstrating the same type of love exemplified by Jesus—and that would most often take the form of everyday, practical actions, such as sharing material possessions. It wasn’t enough to love with words; love required sincere, meaningful actions (v. 18).

Putting love into action can be hard because it often requires personal sacrifice or disadvantaging ourselves for another person. Enabled by God’s Spirit and remembering His lavish love for us, we can take the next step of love.

By: Lisa M. Samra

Reflect & Pray
How have you experienced love in action? How can you take the next step to love someone in a practical way?

Dear Jesus, please help me to follow Your example and take the next step to demonstrate genuine love in my actions today.

Adopted from | https://odb.org/2024/03/22/next-step-of-love

–o0o–


Leave a comment

Categories