Posted by: retarigan | May 14, 2018

Brainy Quote ‘Barbecue may not be the road to world peace, but it’s a start’ ~ Anthony Bourdain 001


Apa yang harus kita lakukan agar kita merasa damai? Pertama-tama, kita harus memprogram pikiran kita sendiri bahwa kita merasa damai. Dengan tidak mengijinkan faktor luar mengganggu, kemungkinan kedamaian pikiran akan kita dapatkan. Lalu, bagaimana membangun perdamaian dunia? kita justru dianjurkan melakukan barbekyu (barbecue). Koq bisa? Bisa saja, kan? Karena yang mengatakan demikian adalah seorang chef 🙂

Brainy Quote ~ Anthony Bourdain 001

Anthony Bourdain, seorang chek, penulis, produser, berkebangsaaan Amerika, lahir di New York pada tahun 1956, lewat quote-nya, ‘Barbecue may not be the road to world peace, but it’s a start.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Barbekyu mungkin bukan jalan menuju perdamaian dunia, tetapi ini adalah awal.

Barbekyu, secara definisi bebas, merupakan kegiatan tamasya dengan makan sate, atau kegiatan memanggang daging. Apakah kegiatan ini dilakukan di halaman rumah atau di suatu tempat saat bertamasya.

Saya pribadi agak sulit memahami quote ini. Bagaimana kegiatan barbekyu dapat menjadi langkah awal menuju perdamaian dunia. Namun, saya mencoba memahami alur pikir seorang chef, yang sehari-harinya bergelut dengan kegiatan masak-memasak. Mungkin dia berpikir, bila setiap kita, apakah dalam lingkup komunitas kecil, bahkan sampai para pemimpin dunia, bila melakukan kegiatan barbekyu, maka akan terjalin keakraban diantara mereka. Sehingga mereka mampu membuat kebijakan yang akan berpihak pada perdamaian antar bangsa.

Dari sudut pandang masyarakat pun, bila melihat para pemimpinnya damai, mereka pun di akar rumput akan terjalin kedamaian. Setiap orang akan mengamati dan mengadopsi perilaku para role model-nya. Jadi, bila damai di antara pemimpin maka akan damai juga di antara anggota yang dipimpin.

Namun, jelas apa yang di quote-kan di atas, bahwa kegiatan barbekyu bukan jalan menuju perdamaian dunia. Masih banyak variabel lain yang harus dipenuhi. Setidaknya, lewat kegiatan santai dapat menjadi langkah awal menuju perdamaian.

Bolehlah di gagas agar kita secara berkala melakukan barbekyu. Lakukan di lingkup rumah tangga, sampai meluas antar negara. Niscaya, perdamaian akan senantiasa ada di antara kita.

Tangerang Selatan, 14 Mei 2018

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories