Posted by: retarigan | June 12, 2019

Brainy Quote ‘There is no sadder sight than a young pessimist’ ~ Mark Twain 021


Anda pernah melihat pemandangan yang tidak elok? Misalnya, tempat pembuangan sampah yang bau dan kotor. Sungai yang penuh sampah dan jorok! Pasar ikan yang kotor dan berbau anyir! Atau tempat-tempat lain yang tidak menyegarkan mata dan menyesakkan pernafasan. Tetapi, tahukah dan sadarkah Anda bila pemandangan yang paling menyedihkan adalah melihat seorang muda yang berjiwa pesimis? Semoga bukan Anda salah satunya!

Brainy Quote ~ Mark Twain 021

Quote Mark Twain, seorang humorist dan penulis berkebangsaan Amerika, hidup dalam rentang tahun 1835-1910 menegaskan hal tersebut, ketika ia menyatakan, ‘There is no sadder sight than a young pessimist.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Tidak ada pemandangan yang lebih menyedihkan dari pada seorang muda yang pesimis.

Seorang muda, seharusnya orang yang optimis memandang masa depan. Ia harus menyadari bila banyak kesempatan yang mampu ia raih dengan usaha tertentu. Tetapi, bila ia merasa semua sia-sia, sesungguhnya ia telah ‘meracuni’ pikirannya sendiri dan berpengaruh negatif terhadap orang lain di sekitarnya. Orang demikian jauh lebih buruk dari tempat kumuh sekalipun. Ia lebih kotor dari tempat pembuangan sampah yang memang sudah kotor dan berbau tidak sedap. Ia membuat suasana menjadi lebih buruk karena pemikiran dan kepesimisannya terhadap kehidupan.

Orang muda yang tidak melihat peluang baik, dan selalu meratapi keadaan, sesungguhnya tidak layak diberi kesempatan hidup oleh sang Pemilik Hidup. Faktanya, mereka hidup! Sang Pencipta memberi kesempatan yang sama kepada semua makhluk ciptaan-Nya, terutama manusia untuk memperoleh hidup yang lebih baik.

Namun, ada saja manusia yang tidak memahami eksistensinya, mengapa ia dilahirkan ke dunia. Ia hanya meratap dan selalu mengeluh terhadap segala sesuatunya. Padahal, keadaan sama bagi setiap orang. Hanya sikap dan kemampua berpikir yang membedakan orang yang optimis dan yang pesimis.

Yang manakah Anda dan saya? Masihkah Anda bersikap pesimis memandang hidup? Bila demikian, Anda lebih kotor dari tempat yang sangat kotor. Optimislah! Sebarkah sikap positif. Sikap apa pun yang Anda pilih, ia seperti magnet yang menarik orang-orang sekitarnya bersikap dan berperilaku sepertinya.

Hindari bersikap pesimis! Hiduplah! Jangan mati sebelum waktunya.

Indonesia, 12 Juni 2019

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories