Posted by: retarigan | October 24, 2019

Brainy Quote ‘There is nothing permanent except change’ ~ Heraclitus 001


Riset! Apa yang menurut Anda dapat permanen di bawah matahari? Apakah kemauan manusia dapat permanen? Ataukah pergerakan bumi dapat permanen? Sesungguhnya, tidak ada yang permanen di atas permukaan bumi. Semua akan bergerak dan berubah seiring waktu. Namun, ada satu hal yang sifatnya permanen, yakni perubahan. Ia tidak dapat berdiam diri. Ia terus melakukan sesuatu yang baru. Karena kedinamisannya yang tiada henti, ia bersifat permanen.

Brainy Quote ~ Heraclitus 001b

Itulah yang pernah disampaikan oleh Heraclitus, seorang filsuf dari Yunani yang dikenal sebagai ‘Weeping Philosopher’, hidup dalam rentang tahun 535 – 475 (60 tahun), ‘There is nothing permanent except change’. Secara bebas diterjemahkan, ‘Tidak ada yang permanen kecuali perubahan’.

Sebagai umat manusia, bila tidak ingin tergilas oleh perubahan itu sendiri, maka kita pun harus mengikuti kondisi yang permanen itu. Kita pun harus terus berubah, beradaptasi dengan apa yang terjadi saat ini. Kita tidak dapat berdiam diri. Laksana seorang peselancar di atas gelombang. Dia tidak dapat dalam kondisi tetap dalam waktu lama. Ia harus berposisi seiring dengan pergerakan gelombang. Bila ia tidak dapat beradaptasi, maka ia akan terjatuh dan dihempas gelombang.

Kita hidup di zaman yang terus berubah. Setiap bangun pagi, telah terjadi perubahan dibelahan bumi lain, apakah karena teknologi atau terjadinya perubahan sosial. Di komunitas kita sendiri pun tetap terjadi perubahan. Karena ia bersifat permanen. Walaupun, kita mengamati semuanya seperti biasa. Sesungguhnya telah terjadi perubahan. Sadar atau tidak sadar, kita lingkungan sekitar telah berubah.

Apakah kita siap beradaptasi dengan perubahan itu? Tergantung dan menjadi pilihan kita sendiri. Bila kita mau berubah, maka kita dapat menyesuaikan diri dengan perubahan. Bila tidak, kita akan digilas oleh roda perubahan. Cepat atau lambat perubahan terus terjadi. Siap atau tidak siap, kita harus tahu risiko dan konsekuensinya.

Berubahnya secara permanen. Karena perubahan itu sendiri bersifat permanen!

Indonesia, 24 Oktober 2019

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories