Posted by: retarigan | August 25, 2017

Brainy Quote ‘I’ve always been a writer because I’ve always been a student. My mom’s a retired professor, so I come from a very academic background. I love writing, you know?‘’ ~ Kerry Washington 001


Menulis, apakah fiksi atau non fiksi, ilmiah atau non ilmiah, merupakan  kegiatan positif untuk menuangkan ide yang dapat menginspirasi si penulis sendiri dan juga pembacanya. Kegiatan menulis harusnya dibudayakan sejak bangku sekolah, terutama saat kuliah di perguruan tinggi. Karena, dunia akademik menuntut setiap pemangku kepentingan, apakah dosen atau mahasiswa, wajib melakukan penulisan artikel atau makalah sebagai kegiatan ilmiah.

Brainy Quote ~ Kerry Washington 001

Kerry Washington, seorang aktris dan aktivitis, kelahiran New York tahun 1977, pernah meng-quote, ‘I’ve always been a writer because I’ve always been a student. My mom’s a retired professor, so I come from a very academic background. I love writing, you know?‘ Secara bebas diterjemahkan, ‘Saya senantiasa menjadi penulis karena saya selalu menjadi mahasiswa. Ibuku adalah seorang pensiunan profesor, jadi aku berasal dari latar belakang akademis. Saya suka menulis, Anda tahu?’

Sesungguhnya, kecintaan pada dunia menulis, terlepas dari Anda anak seorang professor atau bukan, merupakan aktivitas positif sebagai wadah untuk senantiasa belajar serta menuangkan ide-ide yang mampu menginspirasi pembaca. Terlepas dari tulisan Anda dan saya, merupakan karya ilmiah atau sekadar fiksi.

Bagi seorang mahasiswa, S1, S2, apalagi S3, menulis artikel atau makalah ilmiah merupakan keharusan sebagai syarat kelulusan. Mulailah biasakan kegiatan menulis. Belajarlah sejak dini. Pada akhirnya, setiap orang mampu menulis sebuah artikel yang berkualitas baik.

Cintailah aktivitas menulis, terlepas menulis akan Anda jadikan profesi atau sekadar mengisi waktu luang. Bila menulis menjadi budaya, maka begitu kaya-nya kita karena mampu memperkaya orang lain lewat tulisan yang kita hasilkan.

Sejak saat ini, mulailah tuliskan satu kata demi satu kata yang pada akhirnya menjadi kalimat. Dari sejumlah kalimat menjadi alinea. Dari alinea menjadi sebuah artikel atau essay. Bila di dukung oleh literatur dan data empiris, maka pada akhirnya akan menghasilkan sebuah karya ilmiah.

Menulislah!

UPH Karawaci, 25 Agustus 2017

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories