Posted by: retarigan | November 13, 2017

Brainy Quote ‘It always seems impossible until it’s done’ ~ Nelson Mandela 002


Apakah Anda pernah pesimis terhadap sesuatu yang belum terlihat hasilnya? Dimana Anda ragu untuk melanjutkan rencana yang sudah pernah Anda persiapkan? Banyak orang melihat potensi ketidakmungkinan untuk diwujudkan. Banyak orang yang merasa apa yang ingin Anda lakukan merupakan hal yang mustahil, baik oleh orang-orang sekeliling Anda, teman-teman Anda, bahkah oleh keluarga terdekat Anda. Seolah-oleh mereka tidak percaya kepada kemampuan Anda. Sesungguhnya, mereka ragu dengan kemampuan mereka sendiri, sehingga mereka meragukan Anda.

Brainy Quote ~ Nelson Mandela 002

Memang, di awal terkesan segala sesuatu merupakan hal yang sulit diwujudkan, karena memang belum terlihat seperti apa bentuknya. Tetapi, ketika di titik tertentu sudah terlihat hasil (yang selama ini sedikit demi sedikit mulai dilakukan), secara perlahan orang-orang mulai menyadari bahwa hal itu ternyata dapat diwujudkan. Seperti quote Nelson Mandela, seorang aktivis anti-apartheid dan presiden Afrika Selatan, hidup dalam rentang tahun 1918-2013, ‘It always seems impossible until it’s done.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Segala sesuatu terlihat tidak mungkin sampai hal tersebut dapat diwujudkan atau dilakukan.

Sifat pesimistis manusia muncul sesungguhnya karena ketidaktahuan manusia itu sendiri atas potensi yang ada di dalam dirinya. Ketika ia ragu akan kemampuannya sendiri, maka ia juga meragukan kemampuan orang lain. Ketika ia pernah gagal untuk melakukan sesuatu, maka ia juga tidak yakin orang lain dapat melakukan apa yang pernah tidak mampu ia lakukan.

Tetapi, ketika manusia sudah mampu belajar dari kelemahannya dan mulai mengenali kemampuannya serta potensi keberhasilan yang mungkin didapatkan, biasanya manusia akan percaya diri dengan impiannya dan berusaha mewujudkannya. Pada gilirannya, ia juga mampu mendorong orang lain untuk mewujudkan mimpinya yang terlihat tidak mungkin.

Tidak ada yang tidak mungkin, selama hasrat dan kemauan terus ada di setiap langkah kita untuk menggapai apa yang menjadi tujuan. Walau terkesan saat ini hal itu sulit dilakukan, saat sudah terlihat wujud yang nyata (walau masih kecil), kepercayaan diri akan bertambah untuk terus melangkah maju sampai semua dapat diwujudkan.

Yakinlah, bila Anda merasa bisa, Anda pasti bisa! Bila Anda yakin mungkin, maka ketidakmungkinan hanyalah ilusi.

UPH Karawaci, 13 November 2017

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories