Posted by: retarigan | January 20, 2018

Brainy Quote ‘Wise men speak because they have something to say; Fools because they have to say something’ ~ Plato 001


Siapa yang perlu berbicara? Apakah setiap orang memiliki sesuatu yang bermakna untuk dikatakan? Ataukah ada orang yang ingin berkata-kata hanya sekadar ingin berbicara tanpa arti? Seringkali seorang berbicara tanpa mengerti apa yang ia bicarakan. Kadangkala, seseorang berbicara karena ‘pesanan’ pihak lain agar dia berbicara, walaupun sesungguhnya dia tidak mengerti apa yang ia bicarakan.

Brainy Quote ~ Plato 001

Plato, seorang penulis dan filsuf berkebangsaan Yunani, hidup dalam rentang tahun 428-348 BC, pernah meng-quote, ‘Wise men speak because they have something to say; Fools because they have to say something.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Orang bijak berbicara karena mereka memiliki sesuatu untuk dikatakan; orang bodoh berbicara karena mereka harus mengatakan sesuatu.

Bila ingin berbicara, pastikan apa yang ingin Anda bicarakan berguna bagi orang lain. Hindari berbicara hanya sekadar Anda harus berbicara. Karena bila demikian, apa yang Anda katakan, tidak memberi manfaat bagi banyak orang. Justru dapat memicu perselisihan atau ketidaksalingmengertian.

Jadilah bijak dalam berkata-kata. Pikirkan dan pertimbangkanlah terlebih dahulu, apakah sesuatu yang ingin Anda katakan, lebih banyak manfaatnya atau mudaratnya? Bila tidak memberi manfaat yang baik, diam jauh lebih bijaksana daripada berkata-kata yang hanya menunjukkan kebodohan diri sendiri.

Mulai sekarang, berbicaralah bila memang ada sesuatu yang perlu dikatakan.

Tangerang Selatan, 20 Januari 2018

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories