Posted by: retarigan | January 14, 2017

Brainy Quote ‘The less routine the more life’ ~ Amos Bronson Alcott 001


Brainy Quote ~ Amos Bronson Alcott 001

Brainy Quote ~ Amos Bronson Alcott 001

Banyak orang memilih untuk mengerjakan sesuatu yang persis sama selama bertahun-tahun. Namun, ada orang yang ingin melakukan sesuatu yang berbeda setiap hari. Ada orang yang suka dengan rutinitas. Benarkah demikian? Atau kah karena tidak ada pilihan lain, sehingga harus melakukan yang itu-itu saja setiap hari selama bertahun-tahun? Sementara di lain pihak, orang yang setiap hari melakukan hal yang berbeda, bertemu orang yang tidak selalu sama.

Amos Bronson Alcott, seorang pendidik, hidup dalam rentang waktu 1799-1888, mengatakan, ‘The less routine the more life.’ Terjemahan bebasnya, ‘Semakin sedikit rutinitas, semakin hidup ternikmati’. Pernyataan yang luar biasa! Tidak setiap orang mau dan mampu memilihnya. Tetapi hal itu adalah pilihan. Anda yang memilih untuk melakukan sesuatu sebagai rutinitas atau melakukan hal-hal yang relatif berbeda setiap waktu.

Saya merencanakan hidup untuk tidak melakukan hal-hal rutin sejak usia 20-an. Namun, saya baru mampu untuk lepas dari rutinitas saat berusia fisik 34 tahun. Sejak itu, saya menikmati kegiatan yang tidak rutin setiap hari. Saya mengajar di 6 institusi yang berbeda secara bergantian. Melakukan aktivitas perdagangan di pasar modal kapan pun saya memiliki waktu luang. Hal itu yang membuat hidup saya lebih hidup. Bertemu orang yang hampir berbeda setiap hari. Berada di kondisi atau suasana yang relatif berbeda setiap waktu. Tidak perlu berangkat ke kantor setiap pagi, pulang malam, sepanjang minggu dari Senin sampai Jumat.

Itulah impian yang mampu saya wujudkan. Saya bisa mewujudkannya, karena saya memilihnya. Mau mengambil risiko dan mampu bersabar dalam menjalani prosesnya. Saya berharap dimasa depan saya bisa menjadi warga dunia. Mampu berada di tempat yang berbeda dalam rentang waktu tertentu sepanjang tahun. Melakukan 1 kebaikan kepada orang yang tidak saya kenal dan tidak mengenal saya setiap hari.

Dengan demikian, saya akan mensyukuri dan menikmati hidup yang dianugerahkan sang Pencipta padaku. Aku tidak akan pernah menyesal bahwa aku pernah hidup. Aku akan coba menginspirasi orang lain untuk mau dan bersedia berkorban diawal untuk memilih hidup dengan sedikit rutinitas.

Hidup ini hanya satu kali. Mengapa harus dihabiskan untuk melakukan hal yang relatif sama selama bertahun-tahun? Bukankah hal itu membosankan? Ya, bagi yang mengerti. Tidak! Bagi yang takut meninggalkan zona nyaman.

Finally, yang mana pun Anda jalani saat ini atau yang Anda rencanakan di masa depan, itu adalah pilihan. Pilihan untuk menjalani sisa hidup yang ada. Saya memilih untuk semakin sedikit rutinitas, saya semakin hidup. Bila Anda berpikir sama, ikuti saya. Bila tidak, silakan nikmati rutinitas Anda.

Selamat beraktivitas!

Tangerang Selatan, 14 Januari 2017

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories