Posted by: retarigan | November 25, 2011

Tanggung Jawab Sosial 02


Kerjakan PR Anda

Anda perlu membenahi diri dan perusahaan sedemikian rupa agar bisa menjadi sokoguru perkembangan usaha anda di masa depan. Inilah yang kita artikan sebagai melakukan usaha dengan baik. Sebagai seorang manajer anda hendaklah bersungguh-sungguh dan menaruh perhatian sampai kepada masalah-masalah yang kecil sekali pun. Pembayaran dan penagihan mungkin kelihatan seperti sesuatu hal yang sepele untuk dipikirkan oleh seorang manajer. Tapi inilah jantung dari kelangsungan hidup keuangan, karena itu saya sering heran kalau hal-hal ini acapkali diabaikan oleh manajer.

Mungkin saja suatu usaha bangkrut karena disebabkan oleh hal-hal yang di luar kontrol perusahaan tersebut. Tapi dalam kasus yang seperti ini pun, manajemen yang ketat bisa mencegah kebangkrutan. Kelalaian yang berlarut-larut terhadap urusan sehari-hari yang sepele tapi vital seperti masalah tagihan, bisa berakibat fatal. Kelalaian ini mungkin tak disengaja. Mungkin saja orang yang seharusnya bertanggung jawab atas masalah tersebut begitu dirasuk oleh masalah penjualan, sehingga ia lupa akan tagihan. Dan akhirnya muncullah masalah-masalah keuangan.

Kesalahan-kesalahan manajemen seperti di atas bukan saja terjadi pada perusahaan kecil atau menengah. Bahkan perusahaan besar pun mempunyai kecenderungan untuk melalaikan hal-hal kecil. Mula-mula masalah itu mungkin tak kelihatan. Tapi kemudian perusahaan mulai mengalami kesulitan, dan kesulitan itu akan berkembang menjadi besar seperti gelindingan bola salju, sampai akhirnya kemerosotan tak bisa lagi ditanggulangi.

Bila kita ceroboh dalam masalah uang, maka kita juga pasti ceroboh dalam berbagai hal lain. Anda bisa melihat bahwa toko-toko dan perusahaan-perusahaan yang meraih keuntungan juga sangat cermat dalam masalah-masalah uang, termasuk dalam masalah membayar hutang dan menagih piutang. Terlepas dari ukuran usaha anda, jika anda mau mengelola usaha itu dengan baik dan menjalankannya, maka anda pasti tidak mungkin ceroboh.

Ada sebuah usaha grosir ukuran menengah yang dalam masa ekonomi sulit sekali pun masih berhasil memperoleh keuntungan. Ia sangat disenangi dan dipercaya oleh semua pemasok dan penyalurnya. Rahasianya hanyalah karena ia selalu tepat waktu dalam membayar hutang dan menagih piutang, dan sebagai konsekuensinya, maka dalam aspek-aspek lain pun ia selalu tepat. Dengan kata lain, pendekatannya terhadap bisnis adalah sungguh-sungguh dan tepat, dan dengan demikian maka lambat-laun ia berhasil menimbun kepercayaan dari orang-orang yang berhubungan dengannya. Karena itu faktor yang paling penting di balik keberhasilan usaha bisa jadi tidak lebih dari sekadar sikap sederhana terhadap suatu pekerjaan.

Konosuke Matsushita, Etos Bisnis Etika Manajemen: Kumpulan Karangan, Volume 3, Penerbit Mitra Utama, 1990 [AZM/LUE Mat]


Leave a comment

Categories