Posted by: retarigan | January 22, 2017

Brainy Quote ‘Enjoy your own life without comparing it with that of another’ ~ Marquis de Condorcet 001


Brainy Quote ~ Marquis de Condorcet 001

Brainy Quote ~ Marquis de Condorcet 001

Jangan Membandingkan 01

Jangan Membandingkan 01

Pernahkah Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain? Apa manfaatnya? Ada orang yang membandingkan dirinya dengan teman kuliahnya yang IPK-nya lebih rendah dari dia. Di dalam hatinya dia berkata, “IPK-nya lebih rendah dari aku, mengapa dia lebih berhasil daripada aku? Dia sudah sukses dengan jabatan manajer, aku masih staf” atau ‘Dia sudah punya mobil, aku masih naik motor”. Sebagian besar manusia selalu membanding-bandingkan dirinya dengan orang lain. Bahkan banyak orangtua yang membanding-bandingkan anak-anaknya. ‘Anakku yang sulung lebih pintar daripada yang bungsu’. ‘Anakku yang perempuan lebih rajin daripada yang laki-laki’. Hampir setiap orang mencoba membandingkan. Bahkan pengelola perusahaan pun membandingkan perusahaan yang dia kelola dengan perusahaan lain yang sejenis. Apa gunanya semua itu? Bukankah jauh lebih baik membandingkan aku hari ini dengan aku kemarin? Kemudian merencanakan aku esok agar lebih baik dari hari ini?

Jangan Membandingkan 02

Jangan Membandingkan 02

Karena tidak banyak manfaat membandingkan diri kita dengan orang lain yang berlatar belakang serta tujuan yang berbeda. Marquis de Condorcet, seorang matematikawan dan penulis, hidup dalam rentang waktu 1743-1794, menyatakan ‘Enjoy your own life without comparing it with that of another. Terjemahan bebasnya, ‘Nikmati hidup Anda sendiri tanpa membandingkannya dengan yang lain.” Dia yang hidup lebih 300 tahun yang lalu pun memahami betapa tidak pentingnya membandingkan hidup kita dengan orang lain. Membandingkan kesuksesan kita dengan kesuksesan orang lain merupakan pemikiran yang tidak menambah ‘nilai’ sedikit pun bagi kita. Justru membuat kita tidak mampu menikmati hidup yang kita miliki bahkan menjadi bumerang bagi diri sendiri dengan tidak mampu bersyukur atas apa yang ada.

Mulai sekarang, cobalah menikmati hidup yang Anda punya, tanpa bersusah payah membandingkan dengan hidup orang lain. Sukses kita adalah milik kita sendiri. Sukses orang lain adalah miliknya. Susah kita adalah susah kita sendiri. Mereka pun memiliki kesusahannya sendiri, bahkan terkadang lebih susah daripada kita, bila kita tahu siapa dia dan bagaimana keadaan sesungguhnya.

Jangan Membandingkan 03

Jangan Membandingkan 03

Andai pun mau membandingkan, bandingkan-lah diri Anda saat ini dengan diri Anda 10 tahun yang lalu. Bila Anda merasa bahwa hari ini Anda sudah lebih baik dibandingkan 10 tahun yang lalu, berarti Anda sudah melangkah maju. Sekarang, rencanakan langkah selanjutnya agar 10 tahun dari sekarang, Anda menjadi jauh lebih baik daripada saat ini. Kemudian, hindari mengukur sukses dengan kepemilikan atau mengukur keberhasilan dengan jabatan atau gelar akademik. Andai pun Anda memiliki semuanya, belum jaminan Anda akan merasa sukacita. Bahagia atau sukacita tidak bergantung pada elemen atau faktor ‘luar’. Tetapi sangat dipengaruhi oleh faktor ‘dalam’. Bila Anda bersyukur dengan kondisi Anda, Anda sudah jauh lebih ‘kaya’ daripada orang yang memiliki deposito ’10 miliar’. Anda tidak tahu, uang nya mungkin lebih baik, tetapi bisa saja dia memiliki penyakit yang bisa menggerus semua kekayaannya. Anda yang walaupun memiliki ‘sedikit’, tetapi bila Anda bahagia dan memiliki kesehatan yang prima, bukankah Anda jauh lebih kaya dari mereka yang memiliki banyak harta tapi dengan kesehatan yang buruk? Memang, jauh lebih baik memiliki uang yang banyak dan sehat fisik. Namun, tidak ada hidup yang benar-benar ideal. Hidup yang ideal ada dalam pola pikir kita. Bila kita menganggap hidup kita sudah sempurna, maka itulah kebenaran bagi kita. Andai Anda berpikir hidup Anda yang paling sengsara, maka itu jugalah kebenaran bagi Anda.

Jadi, apa yang benar atau salah, apa yang baik atau buruk, maka itulah yang terjadi pada kita, terlepas kondisi lain yang mengiringinya.

So, enjoy your life! Enjoy your life without comparing and unconditionally!

Pondok Aren, 22 Januari 2017

Riset Corporation

Marquis de Condorcet Biography

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories