Posted by: retarigan | September 17, 2017

Brainy Quote ‘If you can’t convince them, confuse them’ ~ Harry S Truman 001


Pernahkah Anda mencoba meyakinkan orang yang skeptis? Betapa sulitnya, ya? Orang skeptis tidak mau menerima ide yang tidak sama dengan yang ia pikirkan atau yang pernah ia alami. Orang skeptis tidak mau berpikir terbuka. Orang skeptis hidup dalam kungkungan pikirannya sendiri.

Brainy Quote ~ Harry S Truman 001

Bila memang mereka sulit untuk diyakinkan, coba bingungkan mereka. Itulah yang dikatakan Harry S Truman, mantan presiden Amerika Serikat yang ke 33 setelah Franklin Delano Roosevelt, hidup dalam rentang tahun 1884-1972, dalam quote, ‘If you can’t convince them, confuse them.’ Secara bebas diterjemahkan, ‘Jika Anda tidak bisa meyakinkan mereka, buat mereka bingung.

Dengan membingunkan mereka, kita ‘memaksa’ mereka untuk berpikir ulang. Bila mereka tidak mau melakukannya, biarlah mereka hidup dalam kebingungan mereka. Sampai kapan? Sampai mereka menyadari bila mereka sesungguhnya hidup dalam kebingungan. Bila mereka tidak mau? Ya, sudah. Abaikan!

Masih banyak orang lain diluar mereka yang dapat diajak untuk mengerti. Orang skeptis hanya segelintir. Biasanya orang skeptis akan berusaha mencaritahu lebih dalam dan lebih jauh terkait apa yang mereka belum mengerti sepenuhnya. Orang-orang seperti itu akan menjadi penemu atau pencipta sesuatu karena keskeptisannya.

Namun, ada kondisi dimana orang skeptis hanya berusaha bertahan dan tidak pernah mau mencari tahu lebih lanjut apa yang tidak dia mengerti. Pada akhirnya, orang-orang seperti ini hanya akan menjadi pecundang sepanjang sejarah hidupnya. Biarlah! Biarkan dia hidup dalam ketidak mau tahuannya dan ketidak mau mengertiannya. Pada waktunya, semua akan berakhir.

Jadilah orang yang mampu meyakinkan. Atau setidaknya, yakinlah dengan apa yang dikatakan orang lain. Bila pun mengambil sikap skeptis, berusahalah mencari tahu mengapa mereka berpikir berbeda dengan yang saya pikirkan. Bila kita melakukan langkah mencari tahu, pada akhirnya kita dapat merubah cara berpikir kita.

Hanya dengan berusaha berpikir ulang dan mencoba membenahi cara berpikir kita dengan apa yang seharusnya, kita akan menjadi pribadi yang mampu menciptakan nilai, baik bagi diri kita sendiri dan juga orang lain.

Yakinkan orang lain! Bila mereka tidak mau, bingungkan mereka! Buat mereka berpikir kembali. Bila mereka tidak mau, abaikan! Cari orang lain yang dapat Anda yakinkan!

Tangerang Selatan, 17 September 2017

Riset Corporation

Pages: 1 2


Leave a comment

Categories